Sukses

Kapal Asing Berkurang, Produksi Ikan RI Naik 40%

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menuturkan, penenggalaman kapal asing pencuri ikan membuat jenis ikan yang dijual beragam.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti menyatakan jenis ikan yang dijual di pasar lebih beragam, karena kapal asing pencuri ikan berkurang.

Susi mengatakan, pihaknya telah menerapkan, hukuman penenggelaman kapal asing yang tertangkap mencuri ikan di perairan Indonesia dalam setahun terakhir.‎ "Satu tahun terakhir KKP menenggelamkan kapal-kapal asing pencuri ikan," kata Susi, dalam peringatan hari ikan nasional, di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (22/11/2015).

Susi melanjutkan, penenggelaman kapal tersebut membawa dampak positif pada peredaran ikan segar dalam negeri. Hal itu lantaran produksi ikan tangkapan meningkat menjadi 40 persen dan jenis ikan yang dijual beragam.

"Di mana hasil penenggelaman ini di pasar-pasar daerah banyak sudah ikan. Ikan laut tangkapan 40 persen naiknya. Itu hampir 10 juta ton masuk di pasar ikan kita. Saya yakin di manapun pasar ikan jenis ikan lebih beragam," ujar Susi.

Karena jumlah dan jenis  ikan di pasar sudah beragam, Susi mengimbau masyarakat mengkonsumsi ikan, dengan begitu bisa membuat nelayan Indonesia jadi lebih sejahtera.

"Penenggelaman kapal buat maling takut masuk dan mencuri ikan kita. Saya harap semangat membeli ikan nelayan. Semoga nelayan kita makmur dan anak bangsa jadi lebih cerdas," pungkas dia. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini