Sukses

Lagi-lagi Gagal Menabung? Begini Caranya

Menabung perlu komitmen, jika gagal coba lagi, jangan pernah menyerah. Lakukan hal berikut ini supaya berhasil.

Liputan6.com, Jakarta Semua orang pasti ingin menabung. Namun berapa kali Anda gagal menabung karena tidak bisa menunda keinginan sesaat atau ada saja yang harus diberi alokasi lebih bulan lalu?

Ternyata menabung membutuhkan komitmen yang kuat. Tapi, ternyata menabung juga bisa mudah dan menyenangkan. Jika gagal, jangan menyerah, dan coba lagi.

Simak cara di bawah ini, supaya menabung menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

1. Buatlah Komitmen

Pada awal Anda ingin mencoba untuk menabung, buatlah komitmen agar Anda bisa menyisihkan pendapatan untuk tabungan. Buatlah daftar keinginan investasi masa depan yang harus Anda capai, sehingga Anda akan termotivasi untuk mewujudkannya.

2. Menabunglah di Awal

Jangan menunggu sisa pendapatan yang ada di akhir untuk ditabung, tapi langsung pisahkan gaji Anda saat di awal untuk dijadikan tabungan. Hal ini dilakukan agar uang gaji Anda tidak habis begitu saja dan bisa mengakibatkan uang Anda tidak jadi ditabung.

3. Sisihkan Pendapatan

Saat belajar menabung, Anda bisa dimulai dengan menyisihkan minimal 10 persen penghasilan Anda, untuk menjadi tabungan rutin setiap bulan. Ketika sudah mulai terbiasa, Anda bisa menyisihkan porsi yang lebih besar untuk tabungan lebih, sehingga tujuan keuangan lebih cepat tercapai.

Selanjutnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1

4. Bedakan Keinginan dan Kebutuhan

Selain berkomitmen untuk menabung, Anda pun harus bisa membedakan kebutuhan yang memang harus Anda beli dengan keinginan yang sebenarnya tidak begitu penting untuk dibeli.

Selain itu, jangan sampai tergoda dengan promosi ataupun diskon yang bisa membuat Anda mengeluarkan uang untuk hal yang tidak penting.

5. Pisahkan Rekening Tabungan

Buatlah rekening baru yang dikhususkan untuk tabungan, agar keuangan Anda untuk kebutuhan sehari-hari dapat terpisah. Selain membuat rekening tabungan terpisah, Anda pun bisa memanfaatkan deposito atau reksadana untuk menabung. Perlu diingat, buatlah tabungan terpisah yang tidak bisa Anda pakai walaupun di saat godaan berbelanja datang.

Mudah bukan untuk menabung? Untuk memotivasi dan memperkuat komitmen Anda dalam menabung, Anda pun perlu melakukan perencanaan gaji. Apakah gaji yang Anda terima saat ini sudah sesuai dengan standar gaji di pasar kerja Indonesia? Apakah perusahaan sudah menghargai Anda sesuai dengan posisi dan lamanya Anda berkarir?

Cek gaji Anda di sini dengan fitur Salary Benchmark, hasil kerja sama Karir.com dan Kelly Services. 

Bukan itu saja, para pakar perencanaan keuangan akan memberikan Tips Finansial yang sesuai dengan besarnya gaji Anda. Anda juga mendapatkan Tips Karier untuk membantu Anda melangkah lebih yakin dalam berkarir.

Ajak juga teman untuk menggunakan fitur ini dan raih kesempatan memenangkan 1 unit Vespa S! Yuk, cek sekarang juga.

(Adv/GR)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.