Sukses

Trik Mudah Ingat Nama Rekan Kerja Baru

Banyaknya orang-orang baru yang Anda temui mungkin saja membuat ingatan lemah mengingat nama-nama mereka

Liputan6.com, Jakarta - Dalam lingkup pekerjaan Anda akan terus menemukan relasi baru. Entah rekan sekantor atau klien di luar kantor. Banyaknya orang-orang baru yang Anda temui mungkin saja membuat ingatan lemah mengingat nama-nama mereka. Lantas, bagaimana menyikapinya?

Sangat dimaklumi Anda tak bisa menghafal nama mereka satu-persatu. Untuk itu, di saat Anda lupa, hanya perlu sedikit trik untuk mengingat mereka. Berikut trik mengingat nama relasi kerja seperti yang dilansir dari laman thinksimplenow.com, Rabu (25/11/2015):

1. Menyebut nama berulang-ulang

Mengobrol dengan teman sebelahmu. | via: huffingtonpost.com

Teknik mengingat nama tidak ada bedanya dengan teknik menghafal: semakin sering Anda mengucapkannya, semakin 'menempel' di otak Anda.

2. Asosiasikan nama

Ini dia perbedaan antara karyawan dan pengusaha dalam meraih kesuksesan.

Anda dapat mencoba mengasosiasikan nama mereka dengan penampilan atau informasi yang Anda dapatkan saat berbincang-bincang.

Ketika Anda sedang berkenalan, coba perhatikan fitur fisik mereka. Misalnya A memiliki rambut panjang, jadi ingat-ingatlah kalau "A itu yang rambutnya panjang".

Jika orang tersebut kebetulan memiliki nama yang unik, Anda juga bisa mencoba mengasosiasikannya dengan nama benda yang mirip, kemudian visualisasikan benda tersebut setiap Anda melihat sang kenalan.

Jika Anda sudah berbincang-bincang dan mendapat informasi tambahan tentang orang tersebut, bisa juga coba kaitkan dirinya dengan sepotong informasi.

Misalnya koneksi Anda bekerja sebagai koki, coba bayangkan ia sedang memasak dengan topi koki. Menurut para ahli, asosiasi visual akan membuat informasi lebih mudah diserap.

3. Visualisasikan nama mereka di dahi

Tips Super Ampuh untuk Si Pelupa (Science Daily)

Coba bayangkan kalau nama kenalan baru Anda tertulis di dahinya. Yup, coba saja! Trik ini konon juga dipakai oleh mantan Presiden AS, Franklin Roosevelt.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagaimana kalau terlanjur lupa?

Bagaimana kalau telanjur lupa? Tentu rasanya memalukan bukan main. Kadang malah berisiko menyinggung lawan bicara Anda. Daripada Anda terbata-bata, coba salah satu trik ini.

1. Minta kartu nama

Cukup bawa kartu nama bisa tampilkan company profile, dokumen, sampai video untuk mengambil hati klien Anda.

Tentu saja tidak ada yang akan tersinggung jika Anda meminta kartu nama mereka, kan?

2. Minta kontak sosial

Ilustrasi Facebook dan Twitter. Ilustrasi: Freepik

Minta kontak email, Twitter atau aplikasi messaging. Nama mereka akan muncul di ponsel Anda dan ini juga akan memudahkan Anda untuk menghubungi mereka lain kali.

3. Kenalkan pada teman

(Foto: Liputan6.com)

Kenalkan teman Anda pada koneksi baru Anda dan mereka otomatis akan mengenalkan diri, jadi Anda bisa menangkap kembali nama mereka. (Vna/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.