Sukses

10 Istana Presiden Terindah di Asia, Ada Indonesia?

Tak hanya Presiden yang menjadi simbol negara, istana presidennya pun turut jadii ikon negara-negara tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin negara memiliki istana yang menterang, indah dan juga mewah. Karena terkadang, tak hanya Presiden yang menjadiu simbol negara, istana presidennya pun turut jadii ikon negara-negara tersebut.

Bangunan yang megah yang menjadi tempat presiden berkantor dibuat tak sembarangan. Di Asia, ada sejumlah istana presiden paling mewah, eksotis, dan dinilai sebagai bangunan paling cantik di benua Asia.

Seperti dikutip dari Billionairenewswire, Selasa (24/11/2015), berikut 10 istana presiden paling indah di Asia. Yang menarik, ada kompleks Istana Merdeka, kantor Presiden Indonesia dalam daftar.


1. Presidential Palace, Dushan Tajikistan

Istana Presiden Terindah di Asia (billionairenewswire)

Rumah bagi Presiden Tajikistan, The Tajik Presidential Palace berlokasi di Dushanbe. Istana ini juga adalah kantor pusat partai yang berkuasa, yakni Partai Demokrat. Istana ini juga dikenal sebagai Palace of Unity and Vahdat Palalce.

2. Ak Orda Presidential Palace, Astana Kazakhstan

Istana Presiden Terindah di Asia (billionairenewswire)

Ini adalah kantor resmi dari Presiden Kazakhstan yang mulai dibangun pada 2001 dan selesai pada 2004. Istana ini berlokasi di Astana, dibangun dengan tinggi 80 meter dan apa yang membuat istana ini indah adalah kubahnya yang berwarna biru dan emas.

3. Istana Presiden, Abu Dhabi Uni Emirat Arab (UEA)

Istana Presiden Terindah di Asia (billionairenewswire)

Istana ini masih sedang dibangun di lahan seluas 150 hektare (ha). Meski sedang dibangun, istana ini akan menjadi kantor resmi dari Presiden UEA, Pangeran dan menteri.

Bangunan megah ini akan dilengkapi masjid, akomodasi staf dan militer, majelis publik, dan menara pengawas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Oguzkhan, Asghabat Turkmenistan

4. Oguzkhan, Asghabat Turkmenistan

Istana Presiden Terindah di Asia (billionairenewswire)

Istana Presiden Turkmenistan ini dibangun di tahun 2011 lalu dengan biaya yang cukup mahal, yakni US$ 250 juta atau Rp 3,4 triliun (kurs: Rp13.716/US$). Pembangunan istana ini dikerjakan oleh perusahaan Paris bernama Bouygues.

5. Istana Negara, Jalan Duta, Malaysia

Istana Presiden Terindah di Asia (billionairenewswire)

Istana Negara Malaysia ini berlokasi di Jalan Duta Kuala Lumpur Utara dan merupakan kantor resmi kepala negara Malaysia. Desain dari kantor ini dibuat dengan gaya Islam dan Melayu. Istana ini juga tergolong baru karena dibangun di 2014.

 

3 dari 3 halaman

7. Istana Merdeka, Jakarta Indonesia

6. Istana Merdeka, Jakarta Indonesia

 Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. (Wikipedia)

Indonesia sejatinya punya 6 istana Presiden. namun yang utama adalah istana yang terletak di Jakarta, tepat di depan Monumen Nasional. Butuh 6 tahun untuk membangun istana ini dan termasuk salah satu yang paling tua karena dibangun di tahun 1873 dan selesai 1879.

7. Istana, Singapura

Istana Presiden Terindah di Asia (billionairenewswire)

Istana ini terinspirasi oleh bangunan bergaya Neo-Palladian yang dirancang oleh para insinyur militer Inggris di India hampir 3 abad yang lalu. Istana ini bukan hanya kediaman resmi tetapi juga kantor Presiden Singapura dan kantor kerja Perdana Menteri Singapura.

8. Presidential Palace, Hanoi Vietnam

Istana Presiden Terindah di Asia (billionairenewswire)

Istana presiden adalah contoh sempurna dari bangunan otentik Eropa yang dibangun kembali pada tahun 1900-an. Istana ini memiliki beberapa elemen yang indah dari desain Renaissance Italia, termasuk quoins, aedicules, kolom klasik dan pedimen yang rusak.

9.  Presidential Palace, Vientiane Laos

Istana Presiden Terindah di Asia (billionairenewswire)

Terletak di ibu kota Vientiane, Istana Kepresidenan ini adalah kediaman resmi Presiden Laos. Bagian yang paling menarik dari istana ini adalah arsitektur Beaux-Arts.

Istana ini tampak benar-benar menakjubkan dengan tiang-tiangnya yang tinggi dan balkon berbayang juga taman hijau yang rimbun mengelilingi istana. (Zul/NDw)

 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.