Sukses

Trik Sukses Bekerja Sambil Punya Usaha

Menjadi seorang pegawai sekaligus pebisnis harus pandai-pandai mengelola waktu dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Bosan Jadi Pegawai? Anda bisa mencoba untuk memulai usaha sendiri tanpa harus meninggalkan pekerjaan sekarang.

Namun, menjadi seorang pegawai sekaligus pebisnis harus pandai-pandai mengelola waktu dengan baik. Jika tidak akan sangat mengganggu dan beresiko.

Misalnya saja pekerjaan kantor jadi terbengkalai atau kredibilitas usaha bisnis menurun karena buruknya manajemen.

Penasaran bagaimana cara yang paling efektif untuk bekerja sambil usaha? Seperti dilansir dari laman moneycrashers.com, Senin (30/11/2015) berikut langkah-langkahnya:

1. Disiplin Diri

Jangan pernah malas melakukan 5 hal ini di kantor saat bekerja

Bangun dan pertahankan kredibilitas, kualitas juga kemampuanmu pada rekan kerja, atasan dan juga klien bisnis. Ini sangat penting untuk pengembangan karir dan bisnis di masa mendatang. Ingat, selalu berikan yang terbaik untuk pekerjaan di kantor dan maksimalkan setiap waktu luangmu untuk kerjakan bisnis.

2. Tetapkan Prioritas

Tahukah Anda bahwa warna yang Anda pakai di kantor ternyata dapat mempengaruhi mood Anda selama bekerja?

Jangan menunda pekerjaan baik itu di kantor atau dalam berbisnis. Hal itu akan menambah masalah di hari berikutnya dan akan membuat Anda makin bingung. Selalu pasang target setiap hari dan penuhi target tersebut.

Jika Anda merasa tidak sanggup menyelesaikan banyak pekerjaan, maka kurangi pekerjaan bisnis sampinganmu dulu hingga mahir mengelola manajemen waktu yang ada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buat Rencana

3. Buat Rencana Harian

buat rencana harian

Menuliskan beberapa agenda dan jadwal dalam bekerja sambil usaha adalah langkah awal yang tepat untuk mengatur waktu. Buat list pekerjaan, tanggungan beserta deadline yang harus segera diselesaikan.

4. Kelola Keuangan

Menabung perlu komitmen, jika gagal coba lagi, jangan pernah menyerah. Lakukan hal berikut ini supaya berhasil.

Selain memisahkan urusan bekerja sambil usaha, ada baiknya Anda juga memiliki manajemen keuangan yang baik. Pisahkan penghasilan dari pekerjaan utama dan hasil bisnis sampingan. Ini sebagai estimasi untuk mengukur apakah hasil yang sudah dikerjakan sebanding dengan penghasilan yang didapat. (vna/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini