Sukses

BI Prediksi Ekonomi RI Tumbuh 5,6 Persen di 2016

Penopang pertumbuhan dari domestik terutama dari sisi investasi.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada tahun depan berada pada rentang 5,2 persen- 5,6 persen. Penopang pertumbuhan dari domestik terutama dari sisi investasi.

Sejalan dengan itu, BI memprediksi pertumbuhan kredit tahun 2016 sebesar 12 persen-14 persen. Lalu laju inflasi berada pada kisaran 4 plus minus 1 persen. Defisit transaksi berjalan di bawah 3 persen.

Dalam jangka menengah (2017-2019) pertumbuhan perekonomian diperkirakan 6 persen-6,5 persen. Inflasi berada pada rentang 3,5 persen plus minus 1 persen. Kemudian defisit transaksi berjalan diperkirakan 2,5 persen.

Pertama, pemerintah telah melakukan berbagai inisiasi untuk mengatasi hambatan struktural. Hal itu menjadi salah satu modal perekonomian nasional menjadi lebih berdaya saing.


"Kedua, dalam 15 tahun ke depan, Indonesia akan memiliki penduduk usia produktif yang akan terus berekspansi secara persisten menopang pertumbuhan ekonomi ke depan, sekaligus memperkuat basis permintaan barang dan jasa di pasar domestik," kata dia di Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Ketiga, Indonesia telah memasuki zaman dimana konsolidasi kehidupan politik di alam demokrasi yang bebas dan terbuka. Serta, telah mampu berjalan dan bersanding dengan pencapaian positif pada kemajuan kemajuan ekonomi.

"Keempat, kedisiplinan dalam pengelolaan makroekonomi selama ini merupakan modal besar yang tidak kalah pentingnya untuk menjaga stabilitas ekonomi," tuturnya.

Agus meyakini, prospek ekonomi akan kembali membaik lantaran ditopang struktur ekonomi yang lebih sehat, seimbang, dan berdaya tahan.

"Optimisme kami terhadap ketahanan ekonomi tidak terlepas dari komitmen kita bersama untuk terus mempercepat dan melaksanakan reformasi struktural secara berkelanjutan, konsisten dan bersinergi antar sektor," tandas dia. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.