Sukses

Reshuffle Tinggal Tunggu Waktu, Siapa Korbannya?

Isu perombakan kabinet (reshuffle) makin santer terdengar menjelang akhir tahun ini

Liputan6.com, Jakarta - Isu perombakan kabinet (reshuffle) makin santer terdengar menjelang akhir tahun ini paska pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli. Disebut-sebut korban reshuffle adalah menteri-menteri profesional non partai.

Pengamat Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) saat ditemui di acara DBS, Ikrar Nusa Bhakti mengatakan, eksekusi reshuffle kabinet tinggal menunggu waktu. Ia meramalkan, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya akan dilengserkan.

"Reshuffle tinggal tunggu waktu. Yang akan jadi korbannya, menteri-menteri profesional non partai. Tapi isu yang berkembang ada dua orang dari Nasdem yang akan digugurkan, yakni Jaksa Agung karena kasus Sumatera Utara dan Menhut karena kasus asap yang tidak cepat ditangani," tegasnya di Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Sementara itu, Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi menyerahkan sepenuhnya reshuffle kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena menyangkut pertimbangan politik dan lainnya.

"Terlalu banyak spekulasi, itu politik saja. Presiden bisa menilai apakah timnya sudah berjalan dan bisa berkoordinasi atau perlu diganti. Itu yang saya dengar dan itu hak Presiden, tapi tentu banyak kekurangan dan kelebihan yang perlu diperbaiki," terangnya. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet