Sukses

3 Hal Ini Bikin Indonesia Kalah Saing dari Negara Lain

Wapres JK membeberkan fakto-faktor yang membuat daya saing Indonesia kalah dibanding dengan negara lain.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) membeberkan fakto-faktor yang membuat daya saing Indonesia kalah dibanding dengan negara lain. Menurut JK, salah satunya karena tingginya tingkat suku bunga acuan.

Dengan bunga acuan yang tinggi, maka berimplikasi pada tingginya bunga kredit perbankan.

"Tingkat bunga kita masih lebih tinggi dibanding negara sekitar. Di Malaysia 5 persen, kita 10 persenan. Kita kalah apalagi dengan China," katanya di Jakarta seperti ditulis Rabu (25/11/2015).

Dia mengatakan, hal itu pula yang menyebabkan alternatif pembiayaan tidak berkembang. Apabila bunga tinggi, orang cenderung menaruh uang mereka ke perbankan.

"Kenapa pembiayaan di Indonesia 90 persen masih perbankan dan hanya 10 persen saham. Tidak mungkin orang beli saham, karena selama bunga deposito 8-10 persen. Pasti mending beli deposito dibandingkan dengan saham yang belum pasti berapa dia dapat," terangnya.

Hal lain yang membuat Indonesia kalah saing ialah di sektor logistik. Maka dari itu, pemerintah pun berniat menggenjot infrastruktur seperti jalan, jembatan, pelabuhan dan lainnya.

Terakhir, yang bikin Tanah Air kalah saing karena lamanya urusan birokrasi. JK pun mencontohkan dalam hal perizinan usaha.

"Sekarang masih panjang dan mahal. Dari beberapa. Kebijakan itu, izin 1 bulan harus menjadi 2 hari-3 hari dan 3 jam," tutupnya. (Amd/Ndw)

Wapres JK Geram Bunga KUR Masih Tinggi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini