Sukses

Pembagian Paket Perdana Elpiji Bakal Sesuai Target

Kementerian ESDM menyatakan penyaluran paket perdana elpiji 3 Kg sudah mencapai 85 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) optimistis paket perdana elpiji bersubsidi 3 Kilo‎ gram (Kg) dapat tersalurkan sesuai target.‎

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan, saat ini penyaluran paket perdana elpiji 3 Kg sudah mencapai 85 persen atau sekitar 1 juta lebih paket perdana, pada sebagian wilayah Sumatera dan Indonesia Timur.‎

"Distribusi elpiji rumah tangga mendekati hampir selesai 85 Persen," kata Wiratmaja, di Kantor Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (25/11/2015).

Wiratmaja menuturkan, timnya akan terus bergerak melakukan penyaluran yang masuk dalam program konversi minyak tanah ke elpiji‎ tersebut, sehingga target 1,2 juta paket sebesar 5,766 juta Metrik ton (Mt) elpiji selesai dibagikan akhir 2015 dapat tercapai.

"Sedikit lagi tim verifikasi bergerak terus sehingga sebelum akhir tahun elpiji rumah tangga selesai," tutur Wiratmaja.

Kementerian ESDM telah menjalankan di 29 provinsi untuk konversi minyak tanah ke elpiji. Terkait konversi minyak tanah ke elpiji pada 2016 nanti, Pemerintah tengah menyiapkan aturan sebagai dasar hukum pendistribusian elpiji 3 kg di NTB, NTT dan Maluku.

Pemerintah telah melakukan kebijakan konversi minyak tanah ke elpiji sejak 2007. Hingga 2014, realisasi distribusi paket perdana elpiji tabung ukuran 3 kg mencapai 56,071 juta paket. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini