Sukses

Top 5 Bisnis: Kata Produsen Lokal Soal Helikopter untuk Jokowi

berikut Top 5 Bisnis Liputan 6.com edisi Kamis

Liputan6.com, Jakarta - PT Regio Aviasi Industri, produsen pesawat lokal, buka suara terkait rencana pemerintah membeli helikopter berjenis ‎Agusta Westland AW-101 buatan Italia sebagai kendaraan operasional eksklusif Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Komisaris PT Regio Aviasi Industri, Ilham Akbar Habibie, menyayangkan rencana TNI AU RI membeli helikopter berjenis ‎Agusta Westland AW-101 tersebut. Pasalnya ini menyangkut prinsip bangsa Indonesia.

"Ini bukan soal kualitas karena kualitas memang harus sama. Tapi ini soal prinsip," ucap Ilham, putra dari BJ Habibie itu, saat berbincang di Jakarta, seperti ditulis Kamis (26/11/2015).

Demikian potongan artikel paling banyak dibaca di kanal bisnis Liputan6.com edisi Kamis (26/11/2015). Selain artikel tersebut, sejumlah artikel lain menjadi buah bibir para pembaca setia Liputan6.com.

Seperti yang dirangkum Jumat (27/11/2015), berikut Top 5 Bisnis Liputan 6.com edisi Kamis. Klik tautan judul untuk membaca berita selengkapnya.

1. Jokowi Beli Helikopter Buatan Italia, Ini Kata Produsen Lokal

PT Regio Aviasi Industri, produsen pesawat lokal, buka suara terkait rencana pemerintah membeli helikopter berjenis ‎Agusta Westland AW-101 buatan Italia sebagai kendaraan operasional eksklusif Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Komisaris PT Regio Aviasi Industri, Ilham Akbar Habibie, menyayangkan rencana TNI AU RI membeli helikopter berjenis ‎Agusta Westland AW-101 tersebut. Pasalnya ini menyangkut prinsip bangsa Indonesia.

"Ini bukan soal kualitas karena kualitas memang harus sama. Tapi ini soal prinsip," ucap Ilham, putra dari BJ Habibie itu, saat berbincang di Jakarta, seperti ditulis Kamis (26/11/2015).

Ia lebih mendukung Presiden Jokowi dan Wapres JK untuk menggunakan helikopter Made in Bandung, milik PT Dirgantara Indonesia (Persero). Badan usaha milik negara (BUMN) ini merekomendasikan helikopter antipeluru tipe EC-725 Cougar sebagai kendaraan VVIP Presiden dan Wapres.

2. Jajaran Helikopter Termahal Dunia, Punya Jokowi Urutan Berapa?

Presiden Joko Widodo di tahun depan bakal punya helikopter baru buatan Italia, sebagai pengganti helikopter super Puma yang sudah berumur. Helikopter yang dilakukan pengadaannya oleh TNI Angkatan Udara (TNI-AU) ini berjenis Agusta Westland AW 101 buatan Italia.

Helikopter yang bakal datang pada bulan April tersebut masuk daalam rencana strategis TNI AU. Capung besi yang bakal dipakai Jokowi blusukan ini berjenis VVIP atau very very important person. Tak heran, tunggangan ini termasuk salah satu yang termahal di dunia.

AgustaWestland adalah satu dari jajaran helikopter termahal dunia. Dikutip dari Digitaltrends, Kamis (26/11/2015), berikut 10 helikopter termahal di dunia.

3. Berapa Harga Helikopter VVIP untuk Presiden Jokowi?

Presiden Joko Widodo bakal mendapatkan helikopter baru menggantikan helikopter Super Puma yang usianya sudah tua. helikopter baru buatan Italia tersebut bernama AgustaWestland AW101 VVIP. Berapa harganya?

AgustaWestland sudah tersohor namanya di industri penerbangan, terutama sebagai produsen helikopter dunia. Banyak tipe helikopter yang sudah diproduksi pabrikan ini, termasuk yang dipesan TNI Angkatan Udara untuk kendaraan operasional Presiden, dengan tipe AW 101 VVIP.

Beberapa sumber di internet menyebut, helikopter besar ini termasuk salah satu yang termahal, karena mencapai puluhan juta dolar.

4. Mana yang Dipilih Jokowi, Helikopter Italia atau PT DI?

Presiden Joko Widodo bakal punya helikopter VVIP buatan Italia di tahun depan. Di sisi lain, BUMN PT Dirgantara Indonesia juga merekomendasikan helikopter buatan dalam negeri anti peluru tipe EC-725 Cougar.

‎Direktur Utama Dirgantara Indonesia, Budi Santoso, Presiden Jokowi pasti akan mempertimbangkan apakah akan membeli produk helikopter buatan dalam negeri atau helikopter AW 101 besutan Italia yang rencananya akan dibeli TNI Angkatan Udara untuk blusukan Presiden ke berbagai daerah di Indonesia.

"‎Saya serahkan kepada Bapak Presiden, karena memilih produk helikopter kan bukan hanya pertimbangan teknis tapi juga fungsi atau penggunaannya," tegas Budi saat ditemui sebelum acara Kompas CEO Forum di JCC, Kamis (26/11/2015).

5. Ini Jurusan yang Paling Banyak Dicari Perusahaan Besar di 2016

Mengambil jurusan di jenjang kuliah bisa menentukan tingakt kesulitan seseorang mendapatkan pekerjaan. Sebuah studi yang dilakukan oleh National Association of Colleges and Employers (NACE), merilis jurusan kulah apa saja yang paling mudah mendapatkan pekerjaan di 2016 nanti.

NACE menyebar kuisioner sejak Agustus hingga pertengahan September pada 201 perusahaan, bertanya mengenai rencana mereka merekrut karyawan baru lulusan dari jurusan apa. Contoh-cobtoh perusahaan tersebut adalah Aetna, Chevron, DuPont, Procter and gamble dan Macy's.

Dikutip dari Forbes, Kamis (26/11/2015), jurusan yang menghasilkan lulusan yang mudah dapat pekerjaan dibagi menjadi tiga jenjang: sarjana, master dan doktoral. (Zul/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini