Sukses

Cari Kerja? Begini Trik Agar CV Dilirik HRD

Jika Anda ingin membuat curiculum vitae (CV) yang menarik dan menonjol.

Liputan6.com, Jakarta - Momen wawancara kerja menjadi penentu diterima atau tidaknya seseorang pada pekerjaan yang diinginkannya. Pembuatan riwayat hidup (curiculum vitae/CV) menjadi hal yang patut diutamakan saat wawancara kerja.

Sebab itu, Anda harus membuat riwayat hidup yang menarik dan menonjol. Sebab sangat pasti di suatu perusahaan yang menawarkan pekerjaan, bukan hanya surat lamaran Anda yang masuk. Ratusan surat lamaran pasti menyesaki meja bagian human resources department (HRD) di perusahaan itu.

Seperti melansir Lifehack.org, Selasa (1/12/2015) terdapat beberapa trik dan cara agar daftar riwayat hidup Anda dilirik HRD. Simak tipsnya:

1. Ciptakan sinopsis yang menarik

Kebanyakan CV dimulai dengan profil atau ringkasan data diri dan pengalaman kerja. Triknya adalah profil harus menawarkan intrik agar bagian HRD menjadi penasaran untuk mengetahui lebih lanjut profil hidup Anda.

2. Memiliki tema

Buatlah tema untuk CV. Tentukan tema utama di mana berisi keterampilan dan menunjukan posisi tempat Anda bekerja nantinya. Contoh para karyawan informasi teknologi (IT) memakai keterampilan teknisnya untuk membuat CV, agar mereka mendapatkan pertimbangan dari perusahaan yang dilamar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Bertujuan jelas

Tuliskan jabatan yang ingin dituju sesuai kode yang perusahaan berikan. Utarakan juga, motivasi Anda melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Pastikan Anda melamar pekerjaan sesuai dengan passion atau setidaknya menyukai pekerjaan tersebut.

4. Referensi

Jika ada pihak tertentu yang merekomendasikan Anda untuk bekerja di suatu perusahaan, cantumkan nama pemberi referensi tersebut. Hal itu dapat menambah kredibilitas Anda. Mintalah izin terlebih dahulu dari orang yang memberikan referensi bahwa namanya akan dituliskan di dalam CV Anda.

5. Kemampuan khusus

Jelaskan juga kemampuan khusus apa yang Anda miliki dan bidang yang sangat dikuasai. Contohnya, saat Anda melamar kerja sebagai staf administrasi, berarti Anda mampu bekerja menggunakan MS Word dan MS Excel untuk membantu menyelesaikan tugas.(Apr/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini