Sukses

Tips Belajar Kerja Bagi yang Baru Lulus Kuliah

Sebagian besar mahasiswa yang baru lulus kuliah, akan berusaha untuk mencari pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar dari mahasiswa yang baru lulus kuliah, akan berusaha untuk mencari pekerjaan. Selain sebagai pekerja kontrak, mereka juga bisa bekerja paruh waktu, untuk mengisi waktu luang di akhir semester, sebelum menjalani wisuda dan dapat menambah uang saku.

Seperti dilansir dari Lifehack.org, Senin (30/11/2015), untuk Anda yang baru lulus kuliah dan ingin belajar terjun ke dunia kerja, dapat memikirkan hal-hal berikut sebelum terjun di dunia kerja. Apa saja?

1. Memanfaatkan jaringan profesional

Jika Anda pernah magang di suatu perusahaan yang sesuai dengan minat, coba lakukan pekerjaan paruh waktu di perusahaan itu. Tanyakan kepada pembimbing lapangan Anda, apakah ada lowongan pekerjaan sebagai paruh waktu (freelancer).

2. Bersiaplah melalui karir yang berliku

Hidup tidak akan berjalan sesuai dengan rencana. Kurangnya pengalaman akan menghambat karir Anda. Mungkin Anda berharap untuk akan mendapatkan langsung jabatan tinggi, namun Anda harus tetap bersikap realistis dengan karir yang ada.

3. Belajar keterampilan baru

Setelah lulus kuliah, itu bukan berarti akhir dari perjalanan pendidikan. Cobalah mengambil kursus, belajar keterampilan baru, atau mencoba olah raga dan kemajuan untuk diri sendiri.

4. Pahami jenis pekerjaan paruh waktu

Terkadang motivasi utama seorang mahasiswa mencari pekerjaan paruh waktu adalah, untuk mencari pengalaman di dunia kerja nanti.

Namun sayang banyak mahasiswa yang tidak menyadari pentingnya melihat peluang. Mahasiswa kebanyakan melihat hasil berupa materi yang akan didapatkan.

5. Buatlah mimpimu jadi kenyataan

Hasil pendapatan pekerjaan sebagai paruh waktu, Anda dapat sisihkan untuk menabung untuk hidup kedepannya.

6. Jangan acuhkan kehidupan kampus

Bekerja sebagai paruh waktu bagi mahasiswa bukan berarti harus mengambil pekerjaan di luar kampus. Sebenarnya didalam kampus sendiri juga terdapat kesempatan untuk bekerja, sebagai contoh Anda dapat bekerja menjadi asisten dosen atau membantu operasional rektorat kampus.(Apr/Nrm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini