Sukses

Jurus Jitu Jadi Miliarder di Usia Muda

meski merupakan sesuatu yang penting tak selamanya orang tahu bagaimana caranya mengumpulkan pundi-pundi uang.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi kaya saat muda atau paling tidak bisa mapan secara finansial tentu menjadi mimpi banyak orang. Dengan adanya uang, kita bisa memenuhi berbagai kebutuhan hidup. Lebih jauh lagi, uang juga dapat dimanfaatkan untuk membeli aneka keinginan hidup.

Sayang, meski merupakan sesuatu yang penting tak selamanya orang tahu bagaimana caranya mengumpulkan pundi-pundi uang. Apalagi untuk anak muda usia 20-an yang notabene belum punya penghasilan tinggi. Memiliki tabungan dan investasi masa depan tentu masih jadi angan yang jauh dari kenyataan.

Lalu apa sebenarnya yang dapat dilakukan di usia muda jika ingin menjadi miliarder di usia tua?

Jawabannya sederhana. Seperti yang dilansir dari laman Time.com, Senin (30/11/2015), menabung merupakan kunci keberhasilannya.

Menabung dengan komitmen ternyata mudah dan menyenangkan.

Hasil penelitian mengungkap bahwa hanya 1 diantara 5 orang anak muda yang menyisihkan 15 persen penghasilannya untuk keperluan menabung. Mereka yang sudah menabung dari usia muda inilah yang nantinya mampu mendulang hasil melimpah yang dapat dipergunakan sebagai biaya pensiun.

Kecenderungan untuk menabung memang lebih besar lebih diperlihatkan generasi yang lebih tua. Menurut data hasil penelitian Fidelity Investments misalnya, generasi X atau masyarakat yang berusia 35 – 50 tahun cenderung untuk menyisihkan lebih dari 15 persen penghasilan mereka untuk menabung. Akan tetapi, banyak dari mereka yang terlambat untuk memulai hal ini. Dibanding generasi milenial, generasi X baru memulai menabung pada usia 30 tahun.

Manfaat yang didapat ketika menabung pun cukup besar. Menurut data, seorang yang sudah memulai menabung di usia muda dapat menghasilkan penghasilan mencapai US$ 73.000 atau setara dengan Rp 1 miliar dalam setahun.

Satu hal yang perlu dipahami ketika mulai menabung adalah konsistensi. Cobalah untuk terus menerus menabung secara rutin, dengan begitu Anda pun dapat menikmati hasil yang maksimal. (vna/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Menabung