Sukses

Gaji Pas-pasan? Jangan Kubur Mimpi Membeli Rumah

Membeli rumah bukan hanya untuk orang yang bergaji besar, tetapi orang yang bergaji UMR pun bisa memiliki rumah.

Liputan6.com, Jakarta
Memiliki istana pribadi merupakan impian semua orang, namun harganya yang tidak murah membuat beberapa orang merasa tidak yakin untuk bisa menggapai impiannya tersebut. Padahal, rumah tetap bisa dibeli dengan mudah walaupun Anda memiliki gaji yang pas-pasan.

Lagipula, membeli rumah bukan hanya untuk orang yang bergaji besar, tetapi orang yang bergaji UMR pun bisa memiliki rumah. Jadi, jangan jadikan alasan gaji pas-pasan untuk mengubur mimpi Anda memiliki istana pribadi. Berikut beberapa cara agar Anda bisa segera mewujudkan mimpi Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Buatlah Rencanan Keuangan

 

1. Buatlah Rencanan Keuangan

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, buatlah dulu rencana keuangan Anda selama sebulan. Hitunglah pengeluaran wajib untuk kebutuhan Anda dan pengeluaran penting lainnya terlebih dahulu. Lalu, buatlah perkiraan untuk pengeluaran Down Payment (DP) rumah dan cicilan rumah per bulannya. Disarankan, cicilan rumah diberikan juga batas maksimum sebesar 30 persen dari besarnya gaji per bulan.

3 dari 6 halaman

Carilah KPR yang Tepat

2. Carilah KPR yang Tepat

Mulailah mencari Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bank yang tepat. KPR biasanya menyediakan cicilan rumah dengan kisaran 15-20 tahun. Anda pun harus bisa memilih jangka waktu yang tepat, karena itu memberikan pengaruh terhadap besarnya nominal cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Jangan lupa juga, untuk mencari bank yang memiliki KPR dengan bunga yang rendah.

4 dari 6 halaman

Ketahui Nilai Investasi Lingkungan Rumah

3. Ketahui Nilai Investasi Lingkungan Rumah

Ketika ingin membeli rumah, Anda pun harus melihat lingkungan rumah yang ingin Anda beli. Sehingga, Anda pun bisa menganalisa mengenai tingkatan harga properti di daerah tersebut, karena rumah juga menjadi aset investasi yang penting.

5 dari 6 halaman

Mulai Latihan Mencicil

4. Mulai Latihan Mencicil

Setelah itu, Anda perlu latihan mencicil selama 4-5 bulan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar Anda bisa melihat apakah Anda sudah bisa dan siap untuk mencicil KPR atau belum. Tidak memerlukan uang yang besar untuk melakukan latihan, cukup hanya dengan Rp 500 - 600 ribu per bulannya.

6 dari 6 halaman

Siapkan Usaha Sampingan Sesuai Gaji

5. Siapkan Usaha Sampingan Sesuai Gaji

Agar cicilan dan pengeluaran tetap lancar setiap bulannya, Anda pun perlu untuk mempersiapkan usaha dengan modal minimal. Carilah bisnis yang sudah bisa Anda geluti yang sesuai dengan gaji Anda.

Jadi, jangan ragu dan takut lagi untuk membeli rumah dengan gaji pas-pasan. Dengan merencanakan gaji Anda dengan baik, semuanya pun bisa menjadi lebih mudah. Apakah gaji yang Anda terima saat ini sudah sesuai dengan standar gaji di pasar kerja Indonesia? Apakah perusahaan sudah menghargai Anda sesuai dengan posisi dan lamanya Anda berkarir?

Daripada penasaran, mending langsung cek saja di Karir.com. Anda pun bisa langsung menikmati fitur Salary Benchmark, hasil kerja sama Karir.com dengan Kelly Service, sehingga Anda dapat membandingkan gaji Anda sekarang dengan standar gaji di pasar kerja Indonesia.

Keuntungan lainnya, Anda juga bisa langsung mendapatkan karier tips untuk membangun pekerjaan lebih baik. Ajak teman menggunakan fitur ini dan raih kesempatan memenangkan 1 unit Vespa S!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.