Sukses

Menteri Yuddy Acungi Jempol Program Jaminan Sosial Taspen

Pemberian jaminan sosial merupakan salah satu bentuk hadirnya pemerintah kepada para aparatur sipil negara.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Yuddy Chrisnandi, mengapresiasi penyerahan pembayaran jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM) serta tabungan hari tua (THT) yang diberikan oleh PT Taspen (Persero).

Menurut Yuddy, jaminan sosial yang‎ beberapa waktu lalu diberikan oleh Taspen kepada beberapa PNS di Surabaya saat peringatan hari Korpri tersebut membuat para Aparatur Sipil Negara (ASN) tenang dalam setiap kali bekerja.

"Ini bentuk kepedulian pemerintah bagi Korpri, bukan saja semasa hidup tapi ketika meninggal saat mengabdi. Hal ini akan membuat aparatur sipil negara (ASN) lebih tenang dalam bertugas," ujar Yuddy dalam keterangannya, Rabu (2/12/2015).


Penyerahan JKK tersebut sesuai dengan PP Nomor 70 Tahun 2015 tentang JKK dan Jaminan Kematian (JKM) sebesar Rp 298,643 juta kepada ahli waris pegawai Kementerian Pehubungan, yaitu Almh. Dyah Umiyarti Purnamaningrum, yang merupakan pegawai di Kementerian Perhubungan yang gugur menjalankan pelatihan bela negara.

Sementara pembayaran THT diberikan kepada 4 pegawai ASN, yaitu Ichwan, Suparman, RR Retno Rurukmawati, dan Zainal Arifin.

Apresiasi serupa juga disampaikan oleh Sekjen Kemendagri Diah Anggraeni  yang sependapat dengan Menteri Yuddy terkait dengan penyerahan jaminan pensiun maupun jaminan duka.

Menurutnya, alangkah lebih baiknya apabila setiap kali perayaan ulang tahun Korpri, Taspen selalu berpartisipasi untuk menyerahkan jaminan dari asuransi tersebut.

"Saya sependapat, setiap ulang tahun Korpri menyerahkan uang pensiun dan uang duka. Mungkin bisa ditingkatkan lagi kedepannya, karena ini pertama kalinya," ujar Diah.

Sementara Iqbal Latanro mengatakan bahwa pemberian jaminan sosial tersebut merupakan salah satu bentuk hadirnya pemerintah, dalam hal ini melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berpartisipasi terhadap penyelenggaraan negara dengan memberikan jaminan kepada para aparatur negara.

"Kami tidak akan berhenti melakukan inovasi pelayanan untuk memberikan pelayanan terbaik," ujar Iqbal.

Saat ini, Taspen berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada peserta pensiun di seluruh tanah air yang berjumlah 6,8 juta orang yang terdiri dari 4,4 juta orang peserta aktif, dan 2,4 juta peserta pensiun yang tersebar di seluruh tanah air.‎ 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini