Sukses

Mau Karier Melejit? Dekati 5 Tipe Orang Ini Saat di Kantor

Ada beberapa tipe orang yang bisa Anda dekati untuk meningkatkan karier Anda. Siapa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Terkadang memiliki teman yang tepat di lingkungan kerja merupakan salah satu cara untuk meraih kesuksesan. Ada beberapa tipe orang yang bisa Anda dekati untuk meningkatkan karier Anda.

Siapa saja mereka? Simak uraiannya berikut seperti dilansir dari laman Enterpreneur.com, Kamis (3/12/2015).

Manajer

Begini caranya agar kamu, sebagai atasan, dicintai rekan kerja di kantor.

Sudah bukan cerita lama bahwa karyawan yang berteman dengan manajer sering mendapat perlakuan khusus di tempat kerja. Tapi bukan berarti Anda harus menjilatnya untuk mendapatkan posisi yang diincar lho.

Untuk mendekatinya, Anda juga perlu menunjukkan prestasi kerja yang baik. Setelah menjadi teman baik, gunakan kesempatan ini untuk menyuarakan ketidaknyamanan atau meminta nasihatnya saat menghadapi hambatan.

Penggosip

Foto: iStock

Tipe yang satu ini memang lebih suka melakukan segala sesuatu, kecuali bekerja. Walau terkadang ia membuatmu jengkel dengan lamanya obrolan dan hebohnya bergosip, berteman dengan orang suka menggosip punya beberapa keuntungan.

Biasanya orang-orang ini yang pertama tahu bahwa ada orang yang dipromosikan atau pindah kerja.

Anda dapat menggunakan pengetahuan ini untuk mengajukan diri dan mengisi pekerjaan yang kosong. Jadi saat ia berbicara, dengarkan dengan saksama, tanpa perlu ikut membicarakan orang lain, atau bahkan membuat kondisi makin panas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Orang IT

Orang IT

Benji (Simon Pegg) ahli komputer yang ikut beraksi. foto: istimewa

Jika biasanya Anda hanya sempat bertegur sapa atau meminta bantuan saat ada sesuatu yang salah dengan komputer, maka ini saat yang tepat untuk berubah.

Menjalin hubungan pertemanan dengan ahli IT akan menderek posisimu untuk mendapatkan informasi pertama, atau diprioritaskan untuk mendapatkan bantuan saat terjadi kerusakan. Pekerjaan jadi tidak sering tertunda deh.

Sekretaris Atasan

Bersikap baik dengan rekan kerja

Ini adalah orang yang sangat penting untuk dikenal. Tidak hanya ia dekat dengan atasan, tapi juga mengetahui segala jadwal dan pekerjaan yang sedang dipegang. Jadi jika ingin menemui atasan atau membuat janji, sekretaris adalah jalan masuk yang Anda butuhkan.

Gunakan pertemanan di lingkungan kerja untuk membantumu meraih jenjang karier yang Anda impikan, tentunya dibarengi dengan prestasi kerja yang baik. (Vna/Ndw)*

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.