Sukses

Jika Yahoo Jual Saham, Siapa yang Mau Beli?

Menurut The Wall Street Journal, Dewan Direksi Yahoo akan mengadakan serangkaian pertemuan pekan ini untuk membahas masa depan perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Direksi Yahoo berencana untuk mengadakan serangkaian pertemuan pada pekan ini untuk membahas masa depan perusahaan. Kemungkinan besar pertemuan tersebut akan membahas mengenai rencana penjualan bisnis inti dari perusahaan seperti Flickr dan Tumblr.

Dikutip dari CNN Money, Kamis, (03/11/2015), The Wall Street Journal menuliskan bahwa Yahoo telah berjuang keras untuk mengubah bisnis perusahaan dalam beberapa dekade terakhir. Hal tersebut dilakukan karena bisnis perusahaan harus berhadapan dengan Google dan Facebook. 

Belakangan ini, Yahoo memang kalah dengan kedua perusahaan tersebut dalam meraih dana dari iklan digital. Pemegang saham Yahoo memberikan sinyal bahwa mereka akan meminta kepada manajemen Yahoo untuk menjual bisnis intinya.

Jika memang Yahoo memutuskan untuk menjual bisnis utamanya, apakah akan ada yang tertarik untuk membelinya?

Di bawah ini ada beberapa kandidat yang mungkin akan membeli saham Yahoo:

1. Alibaba


Yahoo sudah berencana untuk menjual 383.600 ribu sahamnya di China. Jika Yahoo memutuskan untuk menjual sahamnya kemungkinan besar Alibaba akan membuat penawaran.

Bukan rahasia lagi, Pemilik Alibababa, Jack Ma telah menjadi aspirasi dari beberapa perusahaan lain yang ingin masuk ke global.

Sebelummnya, Alibaba juga telah membeli beberapa perusahaan di sektor teknologi lain. Terakhir, Alibaba telah membuat kesepakatan untuk mengakuisisi Youku Tudou (Yoku) yang merupakan situs You Tobe dari China.

2. SoftBank


Yahoo juga memiliki aset di Jepang lewat Yahoo Jepang. Peruahaan ini dijalankan oleh manajemen yang terppisah dengan Yahoo pusat.

Perusahaan teknologi dan telekomunikasi Jepang SoftBank menjadi salah satu pemegang saham terbesar Yahoo Jepang dengan kepemilikan hampir 43 persen.

SoftBank tampaknya akan menjadi perusahaan yang sempurna untuk mencoba membangkitkan Yahoo kembali.

3. AT&T


Seorang hedge fund menyebutkan bahwa Ma bell berencana untuk mengakuisisi Yahoo. Namun AT&T yang baru saja mengakuisisi Direc TV  mempunyai kesempatan besar untuk mengakuisisi Yahoo untuk mengakselerasi Direc TV melalui Yahoo.

Hal tersebut menjadi menguntungkan bagi kedua belah pihak jika NFL serius menjalin kerja sama dengan Yahoo untuk video streaming.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Microsoft

4. Microsoft


Microsoft sebenarnya telah membuat sebuah penawaran untuk membeli Yahoo pada 2008 lalu, namun penawaran tersebut ditolak.

Apakah penawaran Microsoft tersebut kemungkinan besar akan terulang lagi saat ini? Sepertinya sudah terjadi banyak perubahan di dunia digital. Pembelian Yahoo oleh Microsoft dipandang tidak cocok dengan strategi Microsoft karena Bing sudah memberikan keuntungan bagi Microsoft.

5. Twitter


Jika Twitter membeli Yahoo mungkin akan bisa saling mendukung. Tapi menurut eMarketer, Meskipun kedua perusahaan tersebut bergabung namun mereka masih akan tetap di bawah Facebook dan Google. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini