Sukses

Sumbangkan Rp 623 Triliun, Berapa Kekayaan Mark Zuckerberg?

Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan menyumbangkan 99 persen saham facebook mereka senilai US$ 45 miliar atau Rp 623,1 triliun

Liputan6.com, Jakarta - Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan menyumbangkan 99 persen saham Facebook mereka senilai US$ 45 atau Rp 623,1 triliun (kurs: Rp 13.848 per dolar AS) melalui organisasi amal yang didirikannya Chan Zuckerberg Initiative.

Organisasi tersebut akan fokus pada penanganan kesehatan dan pendidikan. Zuckerberg berencana mempertahankan posisi suara terbanyak di Facebook ke depan. Dia akan menyumbangkan tak lebih dari US$ 1 miliar saham setiap tahun selama tiga tahun ke depan.

Keputusan ini bersamaan dengan pengumuman lahirnya kelahiran bayi perempuan mereka yang bernama Max.

Pasangan Zuckerberg dan Chan meluncurkan organisasi amal ini untuk memajukan potensi manusia dan mempromosikan kesetaraan semua anak, seperti dilansir dari, londonlovebusiness.com, Kamis, (03/12/2015) dalam sebuah surat kepada putrinya, Zuckerberg menulis:

"Mempromosikan kesetaraan adalah untuk memastikan semua orang memiliki akses ke kesempatan ini - terlepas dari bangsa, keluarga atau keadaan mereka dilahirkan. Masyarakat kita harus melakukan ini tidak hanya untuk keadilan atau amal, tetapi untuk kemajuan manusia," tulis Zuckerberg di akun Facebook miliknya, Rabu (2/12/2015).

Selain itu Zuck juga menyinggung soal isu keterbatasan akses internet. Ia menekankan bahwa akses internet sangat penting untuk setiap orang, di mana satu orang bisa keluar dari kemiskinan dan sekitar satu pekerjaan baru diciptakan. Namun, masih lebih dari setengah populasi dunia - lebih dari 4 miliar orang - tidak memiliki akses ke internet.

"Jika generasi kita menghubungkan mereka, kita bisa mengangkat ratusan juta orang keluar dari kemiskinan. Kita juga dapat membantu ratusan juta anak untuk mendapatkan pendidikan dan menyelamatkan jutaan nyawa dari penyakit," tambahnya.

Menyumbangkan harta US$ 45 miliar, berapa kekayaan yang dimiliki Zuckerberg?

Pendiri Facebook ini tercatat mengantongi kekayaan US$ 46,9 miliar atau Rp 649,5 triliun. Menurut data dari Forbes, Mark Zurckerberg masuk daftar pengusaha di bawah 40 tahun terkaya Amerika Serikat dan peringkat ke-7 dalam daftar orng terkaya dunia versi majalah Forbes.

Dia secara sukarela mengurangi gajinya satu tahun yang lalu sebesar US$ 503.205 atau Rp 6,9 juta.

Tahun lalu Mark dilaporkan memiliki empat pulau di Hawaii, 700 hektare tanah di pantai utara yang meliputi pantai pasir putih, perkebunan tebu dan pertanian organik.

Pada 2011 Mark membeli rumah seharga US$ 7 miliar atau Rp 96,9 triliun di Oaki Alto California dan dia menghabiskan US$ 30 miliar atau Rp 415,5 triliun untuk membeli empat rumah di sebelah rumahnya. (Apr/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini