Sukses

OJK Beberkan Investigasi Skandal Sekawan Intipratama Pekan Depan

OJK telah menerjunkan tim khusus dalam investigasi tersebut. Hasil pemeriksaan tersebut rencananya diumumkan pekan depan.

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan segera mengumumkan hasil investigasi terkait skandal transaksi saham PT Sekawan Intipratama Tbk (SIAP). Investigasi ini terkait dengan ketidakwajaran harga saham SIAP yang diduga adanya gagal bayar oleh broker.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida mengaku telah menerjunkan tim khusus dalam investigasi tersebut. Hasil pemeriksaan tersebut rencananya diumumkan pekan depan.

"Masih dalam proses. Sesuai ketentuan yang berlaku, proses pemeriksaan belum bisa diumumkan. Saya bisa katakan tim sudah kerja dan mudah-mudahan dalam waktu dekat di minggu depan ada yang bisa kita share," kata dia di Jakarta, Jumat (4/12/2015).

Dia mengatakan, pemeriksaan tersebut untuk membuktikan adanya pelanggaran terhadap para broker. "Tentu untuk membuktikan ada atau tidaknya pelanggaran dan pihak-pihak yang diduga melakukan pelanggaran," tambah dia.


Nurhaida bilang, pemeriksaan tersebut tidak hanya dilakukan pada broker, akan tetapi juga melibatkan SIAP. Pemeriksaan itu dibutuhkan untuk mendapat informasi lebih dalam.

"Emiten diperiksa, broker diperiksa, pihak-pihak lain pda prinsipnya kalau dalam pemeriksaan itu dibutuhkan informasi yg bersangkutan, tentu akan dilakukan pemeriksaan dan pemanggilan pada yang bersangkutan," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, ketika masalah ini menyeruak, tiga broker diduga terlibat sehingga sempat dibekukan sementara. Adapun tiga broker itu ialah PT Danareksa Sekuritas, PT Reliance Securities dan PT Millenium Danatama Sekuritas.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.

    OJK

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • Sekawan Intipratama