Sukses

5 Orang Terkaya di RI Kantongi Harta Rp 491 Triliun

Orang Indonesia berkontribusi dalam peringkat miliarder-miliarder terkaya dunia

Liputan6.com, Jakarta - Orang Indonesia berkontribusi dalam peringkat miliarder-miliarder terkaya dunia. usaha dan bisnis yang sukses menghasilkan kekayaan yang jumlahnya sangat besar.

Sebut saja pengusaha seperti Hartono, pemilik Grup Djarum, Susilo Wonowidjojo, Anthoni Salim hingga Chairul Tanjung adalah nama-nama 5 besar orang terkaya dunia.

Hartanya bukan lagi ratusan miliar rupiah, tapi triliunan rupiah. Jika digabungkan, harta kekayaan 5 orang paling kaya di Indonesia sekarang adalah US$ 36,4 miliar atau setara Rp 491,9 triliun (kurs: Rp 13.515/dolar).

Saat ini, menurut Forbes, orang terkaya di Indonesia masih dipegang Keluarga Hartono. Pengusaha senior ini sukses dengan bisnis rokok dan perbankan.

Keluarga Hartono selain memegang perusahaan Djarum juga sukses dengan PT Bank Central Asia. Kekayaan Hartono mencapai US$ 15,4 miliar atau sekitar Rp 208,1 triliun. Di Asia, keluarga Hartono adalah yang paling kaya ke-12.

Sementara di peringkat kedua adalah Susilo Wonowidjojo dan keluarga yang juga sukses dengan bisnis rokok. Susilo mengelola perusahaan rokok Gudang Garam. Dia dan keluarga kini punya total kekayaan US$ 5,5 triliun, sekitar Rp 74,3 triliun.

Pendiri dan pemilik grup Salim, Anthony Salim dan keluarga ada di posisi ketiga. Kekayaannya mencapai US$ 5,4 miliar atau sekitar Rp 72,9 triliun. Salim Grup adalah perusahaan di balik suksesnya Indofood, yang punya banyak lini usaha.

Kemudian keempat, adalah Eka Tjipta Widjaja dan keluarga yang punya kekayaan US$ 5,3 miliar atau sekitar Rp 71,6 triliun. Mesin pencetak uang pengusaha ini adalah perusahaan sawit, Golden Agri Resources. Grup ini juga sudah mengakuisisi Berau Coal Energy dan mengepakkan sayapnya ke sektor tambang.

Kelima adalah pengusaha Chairul tanjung. Di bawah bendera CT Corpora, Chairul Tanjung sukses menggerakkan roda bisnisnya ke beberapa perusahaan seperti media, bank, ritel, dan lainnya.

Itu juga yang menjadikan CT -- panggilan akrabnya -- adalah orang kelima terkaya di Indonesia, dengan kekayaan US$ 4,7 miliar, atau sekitar Rp 63,5 miliar.

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini