Sukses

5 Tips Mengelola Keuangan di 2016

Berikut 5 tips dari beberapa ahli keuangan yang ditawarkan bisa membantu Anda mengendalikan keuangan di tahun depan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika Anda membutuhkan saran keuangan pribadi, membaca tips dan strategi dari para ahli tentang bagaimana mengelola keuangan pasti menjadi pilihan. Sebab dengan cara tersebut Anda mendapatkan saran terbaik dari para ahli. Namun, jika Anda hanya mendapatkan saran itu, lantas apakah keuangan akan menjadi lebih baik?.

Kenyataannya, Anda harus tetap mempraktikkan saran tersebut agar efektif. Seperti melansir gobankingrates.com, Selasa (8/12/2015), beberapa ahli keuangan pribadi berbagi tips keuangan.

Berikut 5 tips dari beberapa ahli keuangan yang ditawarkan bisa membantu Anda mengendalikan keuangan di tahun depan.

1. Jadilah proaktif dengan uang

Sebagai seorang penulis terlaris dan host radio populer, Dave Ramsey ikut dikenal ahli di bidang keuangan pribadi. Ia telah banyak membantu orang menghilangkan utangnya dan mencapai kesuksesan finansial.

Saran Ramsey, pada 2016, Anda harus mengetahui apa yang dilakukan dengan uang yang dimiliki. Dan Anda harus menjadi proaktif dengan uang itu dengan melakukan perincian anggaran, menyingkirkan utang dan menyimpan uang.

2. Senangi pekerjaan

Clark Howard sebagai host dari acara radio nasional dan penulis 10 buku, telah  sukses membantu orang menyimpan lebih banyak uang mereka.

Tips keuangan untuk tahun depan, Howard menyarankan dan memastikan bahwa Anda senang dengan pekerjaan saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Lain

3. Tabungan masa depan

Penulis buku terlaris, analis dan, inovator Whitney Johnson mengatakan, bahwa orang perlu untuk membuat tabungan prioritas pada 2016. Bahkan Ia menyarankan simpan uang meski hanya sedikit setiap bulan agar dapat membantu lebih produktif menabung.

4. Selalu membuat rencana

Chris Hogan membuat misi untuk membantu orang berhasil mengelola keuangan mereka dalam kehidupan dan bisnis pribadi. Mantan juara nasional di Amerika ini, sekarang membantu orang untuk merencanakan masa depannya.

Dia mengatakan hal terbaik yang dapat dilakukan, untuk keuangan pada tahun depan adalah pikirkan tentang apa tujuan keuangan Anda dan membuat rencana untuk mencapai tujuan tersebut. Memang terdengar sederhana, namun dengan Anda memiliki rencana menjadi salah satu hal yang penting.

5. Ubah gaya hidup

Josh Felber telah membuat misi untuk membantu orang membuat lebih banyak uang dan menikmati gaya hidup mereka.

Ia memiliki dua tips perihal keuangan di tahun 2016. Pertama untuk menciptakan kekayaan, Anda harus berhenti menghabiskan keuangan antara lain dengan berhenti belanja.

Kedua, untuk membebaskan diri dari kebiasaan belanja, Anda diminta mencoba menjadi pengusaha.(Apr/Nrm)

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini