Sukses

Nestle, Penguasa 8.500 Produk Ternama di Seluruh Dunia

Nestle ternyata merupakan pemilik berbagai perusahaan dan merek yang mungkin tak pernah Anda duga sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Berdiri sejak 1866, Nestle kini telah menjelma menjadi perusahaan raksasa dengan bisnis yang menggurita di seluruh dunia. Sejak dulu, Nestle dikenal menguasai berbagai merek permen dan cokelat ternama di dunia.
 
Di balik itu semua, Nestle ternyata merupakan pemilik berbagai perusahaan dan merek yang mungkin tak pernah Anda duga sebelumnya. Tahukah Anda, Nestle ternyata pemilik dari L’Oreal, Garnier, VICHY, Maybelline, The Body Shop, dan Biotherm. 
 
Nestle ternyata juga memproduksi berbagai produk kosmetik dan tak hanya fokus pada cokelat saja. Meski memang, kosmetik bukan bagian utama dari portofolio bisnis Nestle.
 
Selain memiliki L’Oreal, Nestle juga ternyata pemilik dari Ralph Lauren, Giorgio Armani, Yves Saint Laurent, dan DIESEL. Nestle menguasai berbagai produk parfum berlisensi di dunia.
 
Kini dengan berbagai anak usahanya di kancah internasional, Nestle terus tumbuh menjadi perusahaan bernilai US$ 247,3 miliar. Berikut ulasan singkat mengenai bisnis Nestle seperti dilansir dari Forbes, situs resmi Nestle, company-histories.com dan sejumlah sumber lain, Jumat (4/12/2015):
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berawal dari produk susu bayi

Berawal dari produk susu bayi
 
Pada 1866, di Vevey Swiss, seorang pria bernama Henri Nestle berusaha mengembangkan produk susu bagi bayi-bayi yang tak mendapat asupan ASI dari sang ibu. Tak butuh waktu lama, permintaan susu Farine Lactee Nestle terus meningkat tajam.
 
Antara 1871 dan 1873, produksi susu Nestle meningkat hingga dua kali lipat menjadi 2.000 kaleng per hari. Kala itu, tujuan Nestle hanya satu, membuat susu bayi dapat diperoleh siapa saja dengan mudah.
 
Dia bahkan tak perlu susah-susah meyakinkan dokter dan para ibu-ibu karena kualitas susunya sangat terjaga. Berawal dari keinginan menyediakan susu bayi terbaiklah yang lantas mengantarkan Nestle menjadi perusahaan yang sangat kokoh hingga detik ini.
 
Meski begitu, perkembangan Nestle bukan tanpa kendala. Mulai dari nyaris bangkrut saat produksi melampaui permintaan hingga krisis finansial global ikut mempengaruhi bisnisnya.
 
Bahkan beberapa pesaing yang iri terus merayu pemilik Nestle agar menjual perusahaannya. Meski begitu, Nestle terus melakukan berbagai ekspansi bisnis dan kini telah memiliki ribuan merek yang tersebar di ratusan negara.
 
3 dari 4 halaman

Menjual 8.500 produk di dunia

Menjual 8.500 produk di dunia
 
Selama ini, Nestle dikenal sebagai produsen kopi terbesar di dunia dengan 200 jenis kopi instan berbeda rasa dan aroma. Salah satu mereknya, Nescafe bahkan masuk jajaran merek paling mahal di dunia dengan nilai mencapai US$ 17,3 miliar.
 
Selain itu, Nestle juga dikenal sebagai penguasa industri cokelat terbesar di seluruh dunia. Siapa sangka, Nestle juga mendominasi produk makanan hewan seperti Purina, Beneful, Friskies, ALPO, Fancy Feast dan banyak lagi.
 
Perusahaan yang berbasis di Swiss ini sukses memasarkan produknya di banyak negara maju dan berkembang. Nestle menjual produknya di lebih dari 200 negara di dunia.
 
Nestle juga tercatat memiliki kapasitas produksi terbesar di dunia. Nestle mengoperasikan 500 pabrik di 76 negara. Jumlah pegawai Nestle bahkan tercatat telah mencapai 339 ribu jiwa.
 
Hingga saat ini, Nestle tercatat memproduksi dan menjual lebih dari 8.500 produk atau merek ternama di seluruh dunia. Tak heran, jika angka penjualannya terus melejit dari tahun ke tahun.
 
4 dari 4 halaman

Perusahaan senilai US$ 247 miliar

Sebagai perusahaan yang fokus pada industri makanan olahan, Nestle tercatat mampu menguasai kapitalisasi pasar senilai US$ 247 miliar hingga Mei 2015. Padahal, perusahaan tersebut telah berusia lebih dari satu abad, yakni 149 tahun.
 
Dengan pegawai sebanyak 339 ribu jiwa di berbagai negara, Nestle mampu mencetak penjualan US$ 100 miliar tahun ini. Aset yang dimiliki Nestle terbilang fantastis yakni US$ 134,3 miliar dengan keuntungan mencapai US$ 15,79 miliar.
 
Banyak produk tak terduga yang ternyata dimiliki Nestle seperti Maybeline dan parfum Giorgio Armani. Itu lantaran selama ini, Nestle tampak hanya fokus pada produk minuman dan makanan saja.
 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.