Sukses

Kartini, Satu-satunya Wanita dalam Daftar 50 Orang Terkaya RI

Wanita berusia 85 ini memiliki bisnis di sektor kesehatan atau farmasi dengan bendera Tempo Scan Pacific.

Liputan6.com, Jakarta - Majalah Forbes baru saja mengeluarkan daftar 50 orang terkaya di Indonesia untuk tahun 2015 ini. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kakak beradik dari Grup Djarum menduduki peringkat pertama orang terkaya di RI.

Kekayaan dari Budi dan Michael Hartono pada Desember 2015 tercatat US$ 15,4 miliar. Jumlah tersebut menyusut jika dibandingkan dengan setahun sebelumnya yang berada di angka US$ 16,5 miliar.

Di posisi kedua, Susilo Wonowidjojo yang mengantongi harta US$ 5,5 miliar, turun hingga 31 persen dari tahun lalu US$ 8 miliar. Masih bertahan di posisi ketiga, Antoni Salim juga tergerus menjadi US$ 5,4 miliar dari tahun lalu US$ 5,9 miliar.


Hampir seluruh nama yang masuk daftar 50 orang terkaya di Indonesia adalah pria. Hanya ada satu nama wanita yang masuk ke dalam daftar tersebut.

Dia adalah Kartini Muljadi. Wanita ini menempati posisi 28 dalam daftar orang terkaya di Indonesia dengan nilai kekayaan mencapai US$ 715 juta.

Wanita berusia 85 ini memiliki bisnis di sektor kesehatan atau farmasi dengan bendera Tempo Scan Pacific. Nilai kekayaannya jika dibandingkan dengan tahun lalu turun cukup besar. Di akhir 2014, kekayaan dari Kartini mencapai US$ 1,1 miliar. Penurunan tersebut lebih disebabkan karena volatilitas nilai tukar rupiah yang cukup tinggi.

Meskipun nilai kekayaannya turun cukup tinggi, namun peringkat Kartini di dalam daftar Forbes berada di atas Irwan Hidayat pemilik Sido Muncul, Arifin Panigoro pemilik Medco, dan Sjamsul Nursalim pemilik Gadjah Tunggal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini