Sukses

Harta Bill Gates Setara 31 Orang Terkaya RI

Indonesia punya jajaran orang terkaya yang masuk daftar dunia

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia punya jajaran orang terkaya yang masuk daftar dunia. Mereka kebanyakan adalah pengusaha sukses dari berbagai sektor. Namun, kekayaan mereka belum bisa mengalahkan total kekayaan Bill Gates.

Bill Gates, pendiri Microsoft kini masih berada di puncak orang paling kaya di dunia. Kekayaannya mencapai US$ 79 miliar atau Rp 1.070 triliun.

Di Indonesia, orang terkaya adalah keluarga Hartono, dengan total kekayaan US$ 15,4 miliar, atau sekitar US$ 15,4 miliar atau sekitar Rp 208,1 triliun. Di Asia, keluarga Hartono adalah yang paling kaya ke-12. Jumlah tersebut masih jauh dibanding apa yang dimiliki Bill Gates.

Dikutip dari data yang dirilis Forbes, Minggu (6/12/2015), 5 orang terkaya di Indonesia yaitu Keluarga Hartono, Susilo Wono Widjojo, Anthony Salim, Eka Tjipta Widjaja, dan Chairul Tanjung, total kekayaannya mencapai US$ 36,4 miliar atau setara Rp 491,9 triliun (kurs: Rp 13.515/dolar AS).

Total kekayaan Bill Gates bisa disaingi dengan 31 orang terkaya di Indonesia total kekayaannya dijumlahkan. (Cek: Daftar 50 Orang Terkaya di Indonesia, Berapa Hartanya?)

Bill Gates memulai pemograman komputer ketika ia baru menginjak umur 13 tahun. Lalu, Ia mendirikan perusahaan software ikonik dengan teman kuliahnya Paul Allen pada 1975, setelah Ia memutuskan untuk berhenti dari Harvard University.

Antara 1978-1981, Microsoft berkembang pesat. Karyawannya bertambah dari 25 menjadi 128 orang. Pendapatannya melesat dari US$ 4 juta menjadi US$ 16 juta. Pertengahan 1981, Gates dan Allen mengukuhkan Microsoft sebagai perusahaan resmi. Gates ditunjuk sebagai presiden dan CEO sementara Allen menjadi wakil presiden eksekutif.

Dua tahun kemudian bisnisnya merambah pasar global seperti Inggris dan Jepang. Tak hanya itu lebih dari 30% komputer di dunia menjalankan software buatan Microsoft.

Microsoft terus berkembang dengan berbagai software-nya termasuk Microsoft Windows. Kesuksesannya memimpin Microsoft membuatnya menjadi orang terkaya dunia dengan kekayaan US$ 79 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini