Sukses

Gubernur Bank Pembangunan Asia Temui Menkeu Bambang, Ada Apa?

Pertemuan tersebut berlangsung sekitar satu jam mulai pukul 15.00-16.00 WIB di kantor Kemenkeu, Jakarta, Selasa (8/12/2015).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Bambang Brodjonegoro menerima kunjungan Gubernur Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) untuk Jerman, Hans-Joachim Fuchtel untuk membicarakan beberapa hal, terutama mempererat kerjasama antara kedua negara.

Pertemuan tersebut berlangsung sekitar satu jam mulai pukul 15.00-16.00 WIB di kantor Kemenkeu, Jakarta, Selasa (8/12/2015). Diakui Bambang, dirinya telah menerima undangan pertemuan tahunan ADB ke-49 yang diselenggarakan di Frankfurt, Jerman pada Mei tahun depan.

"Mereka mengundang saya untuk menghadiri pertemuan tahunan ADB di Frankfurt di Mei 2016. Pembahasan juga mengarah pada kemungkinan kerjasama yang lebih kuat antara Indonesia dan Jerman," ujar Bambang.

Sementara itu, Futchel membenarkan bahwa ada potensi besar untuk meningkatkan kerjasama antara ADB dengan Eropa, khususnya Jerman termasuk Indonesia. "Terjadi negosiasi pemerintah kedua negara dengan komitmen 555 juta Euro. Kita tidak pernah memiliki volume kerjasama bilateral ekonomi sebesar itu," jelasnya.

Saat ini, ia mengaku, pinjaman ADB ke Indonesia saat ini mencapai US$ 1,6 miliar dan berpeluang besar untuk ditingkatkan guna membiayai sektor pendidikan, energi terbarukan, perubahan iklim dan sektor lainnya.

"Kita konsen pada penggunaan energi terbarukan untuk mengganti energi fosil. Ini adalah proses berkelanjutan yang sedang disiapkan karena kita perlu bergerak lebih jauh ke depan," tandas Futchel. (Fik/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini