Sukses

4 Hal Ini Bisa Bikin Atasan Tak Menyukai Anda

Ada sejumlah kesalahan tindakan yang dapat membuat atasan menjaga jarak dan tak peduli pada Anda sebagai bawahannya.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki hubungan baik dengan atasan di kantor seringkali dianggap dapat meningkatkan produktivitas karyawan saat bekerja. Hal tersebut mungkin tak sulit untuk dilakukan.

Sayangnya, terdapat beberapa tindakan yang tanpa disadari dapat membuat atasan tak menyukai Anda. Bahkan kesalahan tindakan atau ucapan dapat membuat atasan menjaga jarak dan tak peduli pada Anda sebagai bawahannya.

Sebaiknya, sedapat mungkin hindari membuat kesalahan yang dapat membuat atasan tak menyukai Anda. Berikut empat tindakan yang dapat membuat atasan kesal dan akhirnya tak menyukai Anda seperti dilansir dari Career Advice, Rabu (8/12/2015):


1. Terlalu banyak bertanya

Mendapatkan kejelasan instruksi dari atasan mengenai sebuah tugas memang penting. Tapi terlalu banyak bertanya justru dapat membuat atasan menilai Anda kurang inisiatif dan tak percaya diri dalam bekerja.

Bahkan beberapa pimpinan menganggap pertanyaan kecil yang terlalu detil justru hanya mengganggu dan membuatnya merasa kesal. Dibandingkan bertanya terlalu banyak lebih baik perhatikan baik-baik saat atasan meminta Anda melakukan tugas tertentu.

2. Sering salah menjawab

Atasan tak meminta Anda selalu benar dalam bekerja. Faktanya, banyak atasan yang sering merasa kesal jika bawahannya terlalu sering salah menjawab pertanyaan.

Saat bertanya, sang bos bisa saja ingin menguji seberapa baik dan terorganisir Anda dalam bekerja. Jadi, saat atasan bertanya pada Anda, berusahalah memberikan informasi yang benar-benar diinginkan dan dibutuhkannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Senang mencari alasan



3. Senang mencari alasan

Bagaimana cara Anda mengatasi kesulitan pekerjaan di kantor? Apakah Anda termasuk orang yang senang mencari alasan atau menyalahkan orang lain?

Hati-hati, para atasan tak akan suka jika Anda justru menambah kekacauan dengan menyalahkan pekerjaan orang lain saat menghadapi kesulitan tertentu.Sebaiknya, Anda terlihat tenang dan tidak panik di hadapan bos saat menghadapi kesulitan di kantor.

4. Menghadirkan masalah tanpa solusi

Ini mungkin hal klasik, tapi tetap sering terjadi. Sebagian karyawan seringkali berdiskusi dengan atasan mengenai sebuah masalah atau tantangan yang dihadapi, tanpa mencoba mencari solusinya.

Sang atasan akan merasa kecewa jika Anda lebih pandai membahas berbagai masalah tanpa mencoba menghadirkan solusi apapun. Ingat, pekerjaan Anda bukan menambah pekerjaan atasan melainkan membantunya mencapai kesuksesan bersama. (Sis/Ndw)

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.