Sukses

Lembaga Audit Keuangan se-Asia Kumpul di Indonesia

Pertemuan itu diharapkan dapat hasilkan kesepakatan inisiatif demi transparansi lembaga audit masing-masing negara.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menjadi tuan rumah 'IDI-Meeting with SAI Management and Key Stakeholders‎' pada Rabu pekan ini. Pertemuan seluruh pelaku lembaga audit keuangan dunia ini diadakan di Crown Plaza, Jakarta mulai 9-11 Desember 2015.

Ini merupakan pertemuan rutin tahunan yang dilakukan oleh ‎The International Organisation of Supreme Audit Institutions (INTOSAI) yang bekerjasama dengan Asian Organization of Supreme Audit Institutions (ASOSAI).

Kepala BPK Harry Azhar Aziz berharap dengan ditunjuknya Indonesia menjadi tuan rumah, dapat menunjukkan kepada dunia kalau BPK memiliki prinsip sejalan dengan lembaga audit keuangan internasional tersebut.

"Sebagai tuan rumah, Indonesia atau BPK memandang langkah awal bagi semua untuk menata ulang lembaga audit mengenai manfaat dan dampak bagi peningkatan kualitas keuangan negara guna memberikan manfaat besar di nengara masing-masing," kata Harry di Crown Plaza, Jakarta, Rabu (9/12/2015).

Setidaknya ada 17 pimpinan atau perwakilan tinggi dari lembaga audit keuangan negara di Asia dan perwakilan dari Intosai. Pertemuan ini nantinya akan menghasilkan kesepakatan‎ inisiatif demi mendorong transaparansi dan akuntabilitas lembaga audit di masing-masing negara di Asia.

Tidak hanya itu, Harry Azhar juga berharap dengan semakin seringnya pertemuan ini akan menambah pengetahuan bagi masing-masing negara dalam mengawal keuangan pemerintahan‎ di sebuah negara.
‎

"Komitmen bersama itu kami percaya akan meningkatkan peran dan fungsi untuk mendorong transaparansi dan akuntabilitas dalam mendukung kesejahteraan negara‎," papar Harry. (Yas/Ahm)

 

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.