Sukses

Hadapi Natal dan Tahun Baru, Harga Sembako Masih Stagnan

Tak seperti harga sayuran yang cenderung mulai merangkak naik jelang Natal dan Tahun Baru,

Liputan6.com, Jakarta Tak seperti harga sayuran yang cenderung mulai merangkak naik jelang Natal dan Tahun Baru, harga beberapa kebutuhan sembako justru tidak mengalami perubahan harga yang berarti.

Pantauan di Pasar Mampang Prapatan, Jakarta Selatan‎ para pedagang sembako nampak santai-santai saja menjelang akhir tahun ini. Menurut mereka, tak ada pergerakan harga yang cukup berarti.

"Kalau dilihat rata-rata sih tidak ada kenaikan yang berarti, masih tetap-tetap saja harganya dari minggu lalu," kata Kurniawan (39) sebagai salah satu pedagang sembako saat berbincang dengan Liputan6.com di lokasi, Jumat (10/12/2015).

Dijelaskannya, seperti harga gula pasir dirinya menjual dengan harga Rp 13 ribu per kilogram (kg). Sementara untuk tepung terigu‎ Kurniawan menjual dengan harga Rp Rp 9000 per kg dan harga beras untuk jenis IR64 kini Rp 10 ribu per kg.

Selain beberapa kebutuhan sembako tersebut, sebenarnya ada satu item yang ada peningkatan, yaitu minyak goreng curah. Dikatakan Kurniawan, minyak goreng curah ada kenaikan mencapai Rp 5 ribu per kg dari minggu lalu. Saat ini minyak goreng curah dibanderol Rp 40 ribu per kg dari minggu lalu Rp 35 ribu per kg.

"Cuma itu saja yang naiknya berarti, tapi tetap pada beli, kan tidak mungkin juga orang itu goreng nggak pakai minyak goreng," papar dia.

Berikut harga sembako hasil pantauan pasar hari ini:

Beras IR64 : Rp 10 ribu per kg
Gula pasir : Rp 13 ribu per kg
Tepung terigu : Rp 9000 per kg
Minyak goreng curah : Rp 40 ribu per kg
Telur Ayam : Rp 24 ribu per kg
Garam dapur : Rp 5000 per kg
Daging ayam : Rp 23 ribu per ekor
Daging Sapi : Rp 105 ribu per kg

(Yas/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.