Sukses

Pengusaha Tambang Siap Ikuti Aturan yang Jamin Kepastian Usaha

Kalangan pengusaha tambang di Indonesia mengaku siap mengikuti aturan yang berlaku di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kalangan pengusaha tambang di Indonesia mengaku siap mengikuti aturan yang berlaku di Indonesia. Asosiasi pengusaha tambang, Indonesian Mining Association(IMA), berkomitmen untuk me‎ngikuti kebijakan yang ditetapkan pemerintah.

Ketua Umum IMA, Martiono Hadianto, mengatakan IMA ‎akan mengikuti ketentuan yang berlaku Namun dengan catatan ketentuan tersebut bisa menjamin kegiatan usaha.

"IMA semua anggota kita yang memenuhi ketentuan berlaku selama ketentuan bisa menjamin kegiatan usaha,"kata Martiono, seperti yang dikutip di Jakarta, Jumat (11/12/2015).

Namun Martiono menyayangkan kebijakan pemerintah saat ini menimbulkan ketidaknyamanan bagi kalangan pengusaha. Hal tersebut membuat kegiatan bisnis menjadi tidak pasti. Salah satunya adalah mengenai Undang-Undang Mineral dan Batu Bara

"Sekarang itu menimbulkan ketidakkepastian," tutur Martiono.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama ‎Martiono menilai ‎saat ini pemerintah belum memiliki kemampuan mengawasi sektor pertambangan. Hal tersebut terbukti dengan masih maraknya penyelundupan dan kerusakan lingkungan.

"Ketiga terjadinya penyelundupan. Ini berarti pemerintah tidak punya kemampuan melakukan pengawasan dan pengendalian. Ini bertentangan dengan prinsip izin," tuturnya. (Pew/Zul)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini