Sukses

Pertamina Target Ekspansi SPBU ke Luar Negeri Tahun Depan

Negara yang menjadi sasaran Pertamina adalah Thailand, Myanmar dan Vietnam.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) berencana membuka cabang Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) bahan bakar minyak (BBM) di luar negeri pada tahun depan. Negara yang menjadi incaran antara lain Thailand, Myanmar dan Vietnam.

Direktur Pemasaran PT Pertamina Ahmad ‎Bambang mengatakan, negara yang menjadi sasaran Pertamina adalah Thailand, Myanmar dan Vietnam.

"Tetap, kan Indochina. Pusatnya Thailand, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Itu Indochina, tahun depan sudah masuk pokoknya," kata Bambang, ‎di Jakarta, Jumat (11/12/2015).

‎Bambang mengungkapkan, saat ini Pertamina sedang menawarkan rencana pembukaan SPBU melalui perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengurusi penyaluran BBM, di negara yang menjadi incaran. "Sekarangkan lagi evaluasi lelang kami sudah masukkan penawaran," ujar Bambang.


Nantinya, lanjut dia, jika Pertamina memenangkan lelang tersebut, tidak perlu lagi membangun SPBU dan infrastrukturnya. Itu karena Pertamina telah bekerjasama dengan BUMN tersebut.

"Kalau nanti menang kita langsung punya banyak, kalau nanti kalah berarti kita mulai dari awal," tutur Bambang.

Menteri Badan Usaha Milik Negara ‎(BUMN) Rini Soemarno sebelumnya mendorong PT Pertamina (Persero) untuk segeran menjual produk BBM di luar negeri.

Rini menginginkan, Pertamina tidak hanya berkiprah di dalam negeri, tetapi juga harus melakukan ekspansi bisnis ke luar negeri, seperti Thailand,Vietnam dan Myanmar.

Rini pun menagih, Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang, untuk segeran melaksanakan ekspansi prdouknya. Dia mengincar Myamar sebagai pasar pertama yang dimasuki.

"Targetnya kapan pak Bambang 2018 ya pak Bambang Pasti Prima ada di Myanmar," tutup Rini.(Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • SPBU adalah singkatan dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

    SPBU

Video Terkini