Sukses

Harga Cabai dan Bawang Naik Tajam dalam Sepekan

Pembeli kaget dengan peningkatan harga yang signifikan hanya dalam waktu sepekan.

Liputan6.com, Jakarta - Harga jual cabai dan bawang di pasar tradisional terpantau naik tajam dengan rata-rata Rp 3.000 sampai Rp 11 ribu per kilogram (Kg). ‎Akibatnya pembeli kaget dengan peningkatan harga yang signifikan hanya dalam waktu sepekan.

Dari hasil pantauan Liputan6.com di Pasar Senen, Jakarta Pusat salah satu pedagang cabai dan bawang, Omet (22), terlihat tengah melayani seorang pembeli asing dari negara lain yang mendatangi lapaknya untuk bertanya harga cabai ‎rawit merah.

"How much chili?," tanya pembeli berkulit hitam itu kepada Omet. Lalu Pria ‎asal Bogor tersebut menjawab, "It is thirty three thousands rupiah per Kilogram," ucap Omet.

Tanpa basa-basi lagi, pembeli itu langsung kabur dan mencari cabai di kios lain berharap bisa mendapatkan cabai dengan harga lebih terjangkau.

Selang beberapa menit kemudia‎n, datang lagi pembeli ke kios Omet. Pria itu bertanya harga cabai rawit merah dan keriting merah. Kemudian Omet bergegas menimpali dengan jawaban masing-masing Rp 33 ribu dan Rp 38 ribu per kg.

Dengan senyum sinis, si Pembeli berkata, "Gila, ini mah ganti harga bukan naik lagi," tuturnya sambil meninggalkan kios Omet.

Omet yang sudah biasa menghadapi pembeli semacam itu hanya bisa bersabar. "Tuh kan mereka kaget karena harganya bergerak cepat. Hari ini saja naiknya sudah sekitar Rp 3.000 sampai Rp 11 ribu per Kg. Jadi mereka lari, tapi sudah biasa lah, walaupun imbasnya penjualan agak seret, untung sedikit," kata Omet.


"Cabai rawit hijau naik turunnya cepat sekali, karena seminggu yang lalu, harga jualnya Rp 28 ribu per kg lalu turun ke Rp 22 ribu dan naik lagi jadi Rp 25 ribu per kg sekarang ini. Sementara cabai rawit merah dihargai Rp 33 ribu atau naik Rp 11 ribu dari sebelumnya Rp 22 ribu per Kilo," ucap Omet.

‎Sementara itu, harga jual bawang merah terpantau ikut mengalami kenaikan sebesar Rp 7.000 menjadi Rp 35 ribu per kg dari harga sebelumnya Rp 28 ribu per kg. Bawang putih (cutting) dan biasa masing-masing dijual seharga Rp 28 ribu dan Rp 25 ribu atau naik dari harga sebelumnya Rp 26 ribu dan Rp 23 ribu per kg.

"Harga cabai dan bawang naik tinggi karena barangnya kosong, akibat musim hujan. Petaninya tidak bisa panen. Lalu berdekatan dengan Natal dan Tahun Baru yang trennya bakal terus meningkat sampai pergantian tahun. Setelah itu biasanya turun lagi," jelas Omet.(Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini