Sukses

Layani Iuran BPJS Kesehatan, Bank Mandiri Gandeng Alfa Group

Pada 2014, frekuensi transaksi pembayaran iuran BPJS Kesehatan lewat Bank Mandiri rata-rata lebih dari 600 ribu transaksi per bulan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk terus memperluas akses pembayaran iuran BPJS Kesehatan agar semakin banyak warga masyarakat yang terlindungi. Terbaru, Bank Mandiri bekerjasama dengan jaringan ritel Alfamart guna menyediakan alternatif channel pembayaran iuran BPJS.

Senior EVP Transaction Banking Bank Mandiri, Rico Usthavia Frans menjelaskan, melalui kerjasama ini, masyarakat dapat memanfaatkan seluruh jaringan Alfa Group, yakni 10.337 gerai Alfamart, 883 gerai Alfamidi , 35 gerai Lawson dan 45 gerai Dandan untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

“Kami berharap, perluasan akses ini akan semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Dengan demikian, kami dapat turut berkontribusi pada upaya pembangunan sistem jaminan sosial yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” ungkap Rico dalam keterangan tertulis, Senin (14/12/2015).


Kerjasama dengan Alfa group merupakan bagian dari program dukungan Bank Mandiri untuk pembayaran iuran BPJS melalui jaringan Payment Point Online Bank (PPOB) melalui Modern Channel. Sebelumnya, Bank Mandiri telah menyiapkan PPOB Konvensional lebih dari 2.700 loket pembayaran, yang terdiri atas warung atau toko milik masyarakat serta koperasi di seluruh Indonesia. Secara bertahap, jumlah ini akan ditambah hingga 6.000 loket pembayaran.

Saat ini, masyarakat telah dapat memanfaatkan seluruh cabang dan jaringan elektronik Mandiri seperti ATM, Internet Banking, SMS Banking, Mobile Banking serta layanan Mandiri Cash Management dan autodebet untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

”Jika pada tahun lalu, frekuensi transaksi pembayaran iuran BPJS Kesehatan lewat Bank Mandiri rata-rata lebih dari 600 ribu transaksi per bulan, tahun ini meningkat menjadi rata-rata lebih dari 1,6 Juta transaksi per bulan,” ungkap Rico.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris menjelaskan, pembayaran melalui jaringan ritel Alfamart telah beroperasi sejak 29 Oktober 2015 lalu. Dan kini terdapat 10.666 gerai Alfamart, 977 gerai Alfamidi, 38 gerai Lawson serta 74 gerai Dandan yang dapat menerima pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

"Sejak pembayaran bisa dilakukan di Afamart, terdapat 3.000 transaksi per hari. Atau dalam sebulan ada 750 ribu transaksi pembayaran iuran. Jadi sekarang, masalah akses bukan masalah lagi,"


Menurut ‎Fahmi, dengan adanya alternatif pembayaran iuran seperti ini, masyarakat diharapkan bisa menghemat waktu dan akses transportasi. "Alfamart biasanya lebih dekat rumah, sehingga cara ini lebih memudahkan

Korporate affair Director Alfamart, Solihin‎ membenarkan, gerai ini lebih dekat dengan masyarakat dan dapat menjadi alternatif bagi mereka yang ingin belanja. "Pada hakekatnya, pembayaran ini lebih efisien dan memudahkan pembayaran meski tidak memiliki nomor rekening." tuturnya. (Gdn/Ndw)



**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.