Sukses

‎Jokowi Bakal Sidak Proyek Kereta Bandara Soetta

Pembangunan jalur KA Bandara Soetta dilakukan sebagai tindak lanjut dari Perpres Nomor 83 Tahun 2011 tanggal 24 November 2011.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan kunjungan ke proyek Kereta Api Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. Dalam jadwalnya, Jokowi akan berangkat dari Istana Kepresidenan pukul 16.00 WIB usai menemui rombongan World Bank di Istana Negara.

Agenda kunjungan tersebut tidak terencana. Sesuai jadwal biro pers kepresidenan, agenda Presiden Jokowi terakhir hanya pukul 15.00 WIB untuk bertemu dengan perwakilan World Bank. Dari hasil pantauan Liputan6.com, di Jalan M1 yang menjadi lokasi pembangunan stasiun bagi kereta bandara, sudah siap untuk menerima kunjungan Presiden. Beberapa pejabat kepolisian telah mengatur arus di lokasi.

Selain itu, telah hadir di lokasi yaitu Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursidan Baldan‎ dan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro.

Proyek kereta bandara ini merupakan proyek dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan telah mulai pembangunannya pada Juli 2015. Proyek yang akan menghubungkan Bandara Soekarno – Hatta dengan Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, dengan panjang lintasan 36,3 kilometer (km) ini dijadwalkan bisa selesai pada akhir 2016.


Proses pembebasan lahan proyek ini memerlukan biaya investasi Rp 2,5 triliun yang diperoleh dari pembiayaan sindikasi empat bank, yakni, BCA, BNI, BRI, dan Bank Mandiri senilai total Rp 2 triliun.

Pembangunan jalur KA Bandara Soetta ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari Perpres Nomor 83 Tahun 2011 tanggal 24 November 2011 tentang penugasan kepada PT KAI untuk menyelenggarakan prasarana dan sarana KA Bandara Soekarno – Hatta dan Jalur Lingkar Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi.

Total jarak yang dilintasi adalah 36,3 km yang terdiri dari 24,2 km jalur eksisting dan 12,1 km jalur baru. Pembangunan jalur baru ini dilakukan berdasarkan studi kelayakan finansial dan teknis yang sejak Februari 2013 selesai dilakukan oleh Lembaga Afiliasi Penelitian Industri (LAPI) Institut Teknologi Bandung (ITB). Mengenai harga tiketnya, direncanakan KA Bandara ini akan dibanderol Rp 100 ribu per orang.

Kereta Bandara ini terdiri dari enam kereta yang bisa memuat 272 penumpang. Kereta tersebut juga diperkirakan hanya membutuhkan waktu tempuh 60 menit dari Manggarai sampai Bandara Soekarno – Hatta. KA Bandara ini juga akan terintegrasi dengan halte Transjakarta dan Mass Rapid Transit (MRT).

Mengenai jam beroperasinya direncanakan mengikuti jadwal penerbangan, di mana jika ada waktu penerbangan pukul 05.00 WIB, maka pemberangkatan pertama pada pukul 04.00 WIB. Nantinya akan ada 124 perjalanan kereta dalam sehari dan kereta tersebut tidak diperuntukkan untuk penumpang berdiri.‎ (Yas/Gdn)*



**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini