Sukses

Kemenkeu Gandeng 4 Bank BUMN Salurkan Dana APBN

BBank Mandiri telah ditunjuk menjadi bank pembayar dana APBN sejak 2013.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan menandatangani Perjanjian Kerjasama Operasionalisasi Treasury Dealing Room dan Perjanjian Kerjasama Penyaluran Dana APBN dengan empat perbankan BUMN.

Keempatnya yaitu Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Tabungan Negara (BTN). Kerjasama ini dalam rangka Implementasi Sistem Perbendaharaan Anggaran Negara (SPAN).

Direktur Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin mengaku telah menyiapkan layanan perbankan untuk menyalurkan dana APBN 2016 kepada satuan kerja (satker) melalui SPAN. Layanan tersebut diharapkan dapat meningkatkan efisien dan kecepatan panyaluran dana APBN untuk membiayai belanja pemerintah.

"Kami berharap kerjasama ini dapat mendukung pemerintah dalam melaksanakan pembangunan dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi," ujarnya di Jakarta, Kamis (17/12/2015).

Sebagai bank BUMN, lanjut Budi, Bank Mandiri telah ditunjuk menjadi bank pembayar dana APBN sejak 2013.

Pada periode Januari-Oktober 2015 ini, anggaran APBN yang telah disalurkan melalui SPAN di Bank Mandiri mencapai nilai Rp 224.18 triliun, atau 16,20 persen dari total belanja APBN-P 2015 yang telah dikucurkan melalui SPAN.

Sementara pada tahun lalu, penyaluran anggaran APBN via SPAN di Bank Mandiri mencapai Rp 296.90 triliun, setara dengan 16,79 persen dari total dana APBN lewat SPAN.

Hingga November 2015, realisasi transaksi penerimaan negara yang dilakukan di Bank Mandiri mencapai sekitar 2,8 juta transaksi dengan nilai nominal Rp 263,12 triliun

Di samping anggaran belanja negara, Bank Mandiri juga memberikan layanan pembayaran setoran penerimaan negara melalui penerapan Modul Penerimaan Negara Generasi 2 (MPN  G2).

Melalui sistem ini, setoran pajak, pendapatan negara bukan pajak (PNBP) dan cukai dapat dilakukan melalui seluruh jaringan Bank Mandiri, baik kantor cabang maupun jaringan elektronik seperti ATM, EDC, internet banking, mobile banking dan SMS banking.

"Kerjasama ini sejalan dengan keinginan kami untuk terlibat dalam upaya memakmurkan negeri," tandasnya.(Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • APBN adalah singkatan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara.

    apbn

  • Kementerian Keuangan merupakan salah satu kementerian negara di lingkungan Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan keuangan negara.

    kemenkeu

Video Terkini