Sukses

Kaleidoskop Bisnis Maret: Mengulik Harta Orang Terkaya Dunia

Pada 2015 ini, kursi tertinggi miliarder dunia masih dipegang Bill Gates di antara kalangan miliarder terkaya di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak ingin menjadi miliarder? Pasti sebagian besar menginginkan mempunyai uang banyak. Maklum, tak semua orang mempunyai kesempatan untuk menjadi seorang miliarder. Dari sekian banyak orang di dunia ini, hanya sebagian kecil saja yang beruntung dan berhasil menyandang predikat ini.

Harta berlimpah, memiliki semua fasilitas mulai dari mobil, pesawat pribadi bahkan pulau pribadi bisa dimiliki sang miliarder.

Forbes, yang saban tahun mengeluarkan daftar miliarder terkaya di dunia, menghitung kekayaan para orang-orang yang sukses baik dari keringatnya sendiri maupun dari peninggalan keluarga alias warisan.

Untuk menghitung total kekayaan para miliarder, tim Forbes memasukkan jumlah saham di perusahaan negara dan swasta, real estate, kapal pesiar, karya seni, dan estimasi utang.

Dalam daftar miliarder terkaya dunia, Forbes tidak memasukkan anggota keluarga kerajaan, diktator, serta keluarga kaya yang membagi kerajaan atau seseorang yang memiliki kekuasaan penuh di satu negara.

Di tengah gonjang-ganjing perekonomian dunia seperti penurunan harga minyak global dan pelemahan euro, jumlah miliarder terkaya di dunia pada tahun ini justru bertambah banyak.

Dalam laporan Forbes Billionare List yang ke-29, tim Forbes menemukan rekor 1.826 orang terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai US$ 7,05 triliun atau naik US$ 6,4 triliun dari tahun lalu.

Simak ulasan daftar terbaru orang terkaya dunia 2015, yang merupakan berita paling disukai sepanjang Maret 2015, Selasa (22/12/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Daftar Orang Terkaya Dunia

Mengutip Forbes, tahun ini, Bill Gates kembali menjadi raja di antara kalangan miliarder terkaya di dunia. Dengan total harta US$ 79,5 miliar, Gates kembali berhasil menyabet gelar orang terkaya di dunia, mengalahkan Carlos Slim yang berada di urutan ke-2.

Di antara 10 orang terkaya di dunia, ada satu wanita yang menarik karena usianya yang telah lebih dari 90 tahun.

Bos L'Oreal Liliane Bettencourt yang telah berusia 92 tahun masih mampu mencatatkan namanya sebagai salah satu orang terkaya dunia dengan menduduki peringkat ke-9 tahun ini. Berikut daftar lengkap orang terkaya di dunia pada tahun ini:

1. Bill Gates

Total kekayaan: US$ 79,5 miliar
Usia: 59 tahun
Sumber kekayaan: Microsoft
Asal negara: Amerika Serikat

2. Carlos Slim Helu

Total kekayaan: US$ 75,5 miliar
Usia: 75 tahun
Sumber kekayaan: Telekomunikasi
Asal negara: Meksiko

3. Warren Buffett

Total kekayaan: US$ 72 miliar
Usia: 84 tahun
Sumber kekayaan: Berkshire Hathaway
Asal negara: Amerika Serikat

4. Amancio Ortega

Total kekayaan: US$ 67 miliar
Usia: 78 tahun
Sumber kekayaan: Zara
Asal negara: Spanyol

5. Larry Ellison

Total kekayaan: US$ 54,3 miliar
Usia: 70 tahun
Sumber kekayaan: Oracle
Asal negara: Amerika Serikat

6. Charles Koch

Total kekayaan: US$ 43,1 miliar
Usia: 79 tahun
Sumber kekayaan: diversifikasi
Asal negara: Amerika Serikat

7. David Koch

Total kekayaan: US$ 43,1 miliar
Usia: 74 tahun
Sumber kekayaan: diversifikasi
Asal negara: Amerika Serikat

8. Christy Walton

Total kekayaan: US$ 41,2 miliar
Usia: 60 tahun
Sumber kekayaan: Wal-Mart
Asal negara: Amerika Serikat

9. Liliane Bettencourt

Total kekayaan: US$ 40,9 miliar
Usia: 92 tahun
Sumber kekayaan: L'Oreal
Asal negara: Prancis

10. Jim Walton

Total kekayaan: US$ 39,9 miliar
Usia: 67 tahun
Sumber kekayaan: Wal-Mart
Asal negara: Amerika Serikat

3 dari 7 halaman

Bill Gates, Orang Terkaya Dunia ke 16 Kali

Seperti tahun-tahun lalu, pada 2015 ini, kursi tertinggi miliarder dunia masih dipegang Bill Gates di antara kalangan miliarder terkaya di dunia.

Pendiri Microsoft, Bill Gates kembali didaulat sebagai orang terkaya di dunia untuk ke-16 kalinya dalam 21 tahun terakhir. Menurut hasil penelusuran tim Forbes, Gates kini tercatat memiliki total kekayaan senilai US$ 79,2 miliar.

Mengutip laman Forbes, pendiri Microsoft tersebut juga kembali berhasil menyingkirkan Carlos Slim ke posisi ke dua terkaya di dunia tahun ini. Slim, miliarder asal Meksiko tersebut berada di urutan kedua dengan total kekayaan US$ 77,1 miliar.

Kekayaan Gates tercatat bertambah US$ 3,2 miliar dalam setahun menjadi US$ 79,2 miliar. Angka tersebut tidak termasuk bonus sebesar US$ 1,5 miliar dari saham perusahaan yang didirikannya.

Sementara itu, investor paling legendaris di dunia Warren Buffet harus puas berada di peringkat ketiga dengan total kekayaan mencapai US$ 72,7 miliar. Bos Zara, Amancio Ortega tergeser ke posisi ke-4 dengan total kekayaan US$ 64,5 miliar.

Tak kalah hebat, CEO Facebook Mark Zuckerberg berhasil naik 5 peringkat ke urutan 16. Hingga kini, Zuckerberg masih menjadi yang paling unggul di antara para miliarder muda lain yang masih berusia di bawah 40 tahun.

Tahun ini, Forbes mencatat terdapat 1.826 miliarder di seluruh dunia. Dalam 12 bulan tahun terakhir, kalangan elit tersebut menambah 181 personelnya.

4 dari 7 halaman

Orang Terkaya Asal Indonesia

Indonesia, ternyata juga salah satu negara yang mampu melahirkan miliarder. Tim Forbes kembali merilis laporan penelusuran tentang daftar orang terkaya di dunia.

Hasilnya, Indonesia ternyata memiliki 22 orang yang bergabung dengan jajaran miliarder terkaya di dunia dengan total kekayaan US$ 54,9 miliar atau setara Rp 713 triliun.

Mengutip laman Forbes, Budi Hartono dan Michael Hartono kembali menjadi dua orang terkaya di Indonesia. Masing-masing tercatat memiliki total kekayaan US$ 9 miliar dan US$ 8,7 miliar dan menempati urutan 142 dan 151 orang terkaya di dunia. Kakak beradik ini mengumpulkan pundi-pundi uang dari bisnis tembakau dan perbankan. 

Michael dan adiknya mewarisi Djarum setelah ayah mereka, Oei Wie Gwan, meninggal pada tahun 1963. Keduanya kerap kali berada di peringkat teratas jajaran miliarder terkaya di Indonesia.

Kemudian disusul Pendiri Indorama Corporation Sri Prakash Lohia dengan kekayaan US$ 4,7 miliar, dan Chairul Tanjung dengan kekayaan masing-masing US$ US$ 4,3 miliar berada di posisi keempat.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini meraup kekayaan dari gurita bisnis media yang dibangunnya di bawah naungan CT Corp.

Berikut 10 orang Indonesia yang berhasil masuk ke dalam jajaran miliarder terkaya di dunia versi Forbes:

1. R. Budi Hartono

Peringkat dunia: 142
Total kekayaan: US$ 9 miliar
Usia: 71
Sumber kekayaan: perbankan, tembakau

2. Michael Hartono

Peringkat dunia: 151
Total kekayaan: US$ 8,7 miliar
Usia: 75
Sumber kekayaan: tembakau, perbankan

3. Sri Prakash Lohia

Peringkat dunia: 341
Total kekayaan: US$ 4,7 miliar
Usia: 62
Sumber kekayaan: poliester

4. Chairul Tanjung

Peringkat dunia: 381
Total kekayaan: US$ 4,3 miliar
Usia: 52
Sumber kekayaan: diversifikasi

5. Mochtar Riady

Peringkat dunia: 714
Total kekayaan: US$ 2,6 miliar
Usia: 85
Sumber kekayaan: diversifikasi

6. Peter Sondakh

Peringkat dunia: 810
Total kekayaan: US$ 2,3 miliar
Usia: 63
Sumber kekayaan: investasi

7. Bachtiar Karim

Peringkat dunia: 949
Total kekayaan: US$ 2 miliar
Usia: 58
Sumber kekayaan: manufaktur

8. Theodore Rachmat

Peringkat dunia: 1.006
Total kekayaan: US$ 1,9 miliar
Usia: 71
Sumber kekayaan: diversifikasi

9. Ciputra

Peringkat dunia: 1.054
Total kekayaan: US$ 1,8 miliar
Usia: 83
Sumber kekayaan: real estate

10. Sukanto Tanoto

Peringkat dunia: 1.054
Total kekayaan: US$ 1,8 miliar
Usia: 65
Sumber kekayaan: diversifikasi

5 dari 7 halaman

Miliarder RI akan Bertambah

Selain majalah Forbes, perusahaan konsultan properti komersial global yang berbasis di London, Knight Frank baru saja meluncurkan laporan terbarunya bertajuk `The Wealth Report 2015`.

Salah satu ramalan dari survei tersebut menunjukkan, sebanyak 1.507 orang Indonesia akan bergabung dengan kalangan orang terkaya dunia, Ultra High Net Worth Individuals (UHNWI).
 
Kalangan tersebut merupakan jajaran konglomerat terkaya dunia yang memiliki total harta minimal senilai US$ 30 juta atau Rp 393,71 miliar.
 
Mengacu laporan Knight Frank yang diterima Liputan6.com, mencatat jumlah individu dengan total kekayaan tertinggi di Indonesia akan bertambah dari 650 orang pada 2014 menjadi 1.507 orang pada 2024. Artinya, dalam 10 tahun, Indonesia menambah total orang terkayanya hingga 132 persen.
 
Mantan pimpinan Goldman Sachs Jim O'Neil tahun lalu bahkan mencetuskan kelompok negara berkembang MINT yang terdiri dari Meksiko, Indonesia, Nigeria dan Turki. Indonesia memiliki potensi untuk mendorong pergerakan pertumbuhan ekonomi global.
 
Tak heran, jika sekitar 9 tahun ke depan, Indonesia dapat menambah total orang berpenghasilan tinggi dengan signifikan. Indonesia kini juga telah dikenal sebagai salah satu mesin pendorong perekonomian negara berkembang.
 
Sekadar informasi, The Wealth Report 2015 ini merupakan hasil survei Knight Frank, perusahaan konsultan properti komersial global yang berbasis di London.
 
The Wealth Report 2015 melakukan survei setiap tahun pada kalangan Ultra High Net Worth Individuals (UHNWI) yang memiliki aset paling sedikit senilai US$ 30 juta termasuk aset pribadi dan properti.

Kalangan investor handal di berbagai negara pasti tak asing lagi dengan nama Warren Buffett, legenda investasi ternama di seantero dunia. Hanya dalam satu tahun, miliarder berusia 84 tahun ini tercatat mampu menambah hartanya hingga US$ 14,5 miliar atau Rp 188,2 triliun.

Menurut hasil penelusuran tim Forbes, Warren Buffett merupakan miliarder dengan penambahan harta terbesar tahun ini. Berkat harga saham Berkshire Hathaway yang terus naik, hartanya bertambah US$ 14,5 miliar menjadi US$ 72,7 miliar.

Berkat penambahan harta tersebut, Buffett berhasil menempati posisi ketiga sebagai orang terkaya di dunia. Karenanya, Amancio Ortega harus puas berada di posisi ke-empat.

Tak hanya Buffett, Bos Facebook Mark Zuckerberg juga berhasil menambah hartanya hingga naik lima peringkat ke posisi 16 jajaran orang terkaya dunia.

Sementara itu, Aliko Dangote dari Nigeria, harus kehilangan harta hingga US$ 14,7 miliar dari US$ 25 miliar tahun lalu. Itu lantaran mata uang Nigeria yang melemah dan menurunnya permintaan semen yang menjadi bisnis utama Dangote. Meski begitu, Dangote masih tercatat menjadi miliarder terkaya di Afrika.

6 dari 7 halaman

7 dari 7 halaman

Kota Pencetak Miliarder

Christy Walton, wanita terkaya di dunia, mengaku rumahnya yang sesungguhnya adalah kota Wyoming yang dikenal dengan pemandangannya yang indah. Kota ini terletak di negara bagian Jackson di Amerika Serikat. 

Kita mungkin berpikir orang-orang yang sudah memiliki kekayaan berlimpah akan lebih senang mencari ketenangan dengan tinggal di kota kecil yang tenang dan asri.

Kenyataannya, seperti yang dilansir dari Forbes.com, lebih dari sepertiga jumlah 1.826 orang miliarder di daftar Forbes, tinggal tersebar di 20 kota metropolitan besar dari seluruh dunia. Kota New York menjadi yang paling banyak ditinggali, dengan jumlah 78 orang miliarder.

Bukan hanya di Amerika Serikat, perkembangan jumlah miliarder di Asia yang meningkat pesat juga membuat benua ini ditinggali oleh 64 miliarder. Namun, kota Moskow yang terletak di Rusia tetap menjadi kota nomor dua.

Untuk lebih lengkapnya, coba simak daftar kota-kota di bawah ini:

1. New York, Amerika Serikat

Jumlah miliarder: 78 orang
Salah satu miliarder yang tinggal di sana adalah David Koch dengan kekayaan US$ 42,9 miliar atau setara Rp 558 triliun.

2. Moskow, Rusia

Jumlah miliarder: 68 orang
Vladimir Potanin dengan kekayaan US$ 15,4 miliar atau Rp 200 triliun.

3. Hong Kong

Jumlah miliarder: 64 orang
Li Ka-shing dengan kekayaan US$ 33,3 miliar atau Rp 433 triliun.

4. London, Inggris

Jumlah miliarder: 46 orang
Len Blavatnik dengan kekayaan US$ 20,2 miliar atau setara Rp 262 triliun.

5. Beijing, China

Jumlah miliarder: 45 orang
Wang Jianlin, dengan kekayaan US$ 24,2 miliar atau setara Rp 314,6 triliun.

6. Mumbai, India

Jumlah miliarder: 33 orang
Mukesh Ambani dengan Kekayaan: US$ 21 miliar (Rp 273 triliun)

7. Seoul, Korea Selatan (29)

Lee Kun-Hee
Kekayaan: $11,3 miliar (Rp 146,9 triliun)

8. Istanbul, Turki (28)

Murat Ulker
Kekayaan: US$ 4,4 miliar (Rp 572 triliun)

9. Paris, Perancis (27)

Lilane Betterncourt dan keluarga
Kekayaan: US$ 40,1 miliar (Rp 521,3 triliun)

10. San Fransisco, Amerika Serikat (26)

Dustin Moskovitz
Kekayaan: US$ 7,9 miliar (Rp 102,7 triliun)

11. Sao Paulo, Brazil (25)

Jorge Paulo Lemann
Kekayaan: US$ 25 miliar (Rp 325 triliun)

12. Shenzhen, China (25)

Ma Huateng
Kekayaan: US$ 16,1 miliar (Rp 209,3 triliun)

13. Taipei, Taiwan (24)

Terry Gou
Kekayaan: US$ 6,1 miliar (Rp 79,3 triliun)

14. Los Angeles, Amerika Serikat (22)

Patrick Soon-Shiong
Kekayaan: US$ 12,2 miliar (Rp 158,6 triliun)

15. Singapura (22)

Robert & Phillip Ng
Kekayaan: US$ 9,6 miliar (Rp 124,8 triliun)

16. Shanghai, China (19)

Tsai Eng-Meng

Kekayaan: US$ 8,9 miliar (Rp 115,7 triliun)

17. Delhi, India (17)

Shiv Nadar

Kekayaan: US$ 14,8 miliar (Rp 192,4 triliun)

18. Dallas, Amerika Serikat (16)

Andrew Beal
Kekayaan: US$ 11,7 miliar (Rp 152,1 triliun)

19. Tokyo, Japan (16)

Tadashi Yanai dan keluarga
Kekayaan: US$ 20,2 miliar (Rp 26,2 triliun)

20. Jakarta, Indonesia (15)

Chairul Tanjung
Kekayaan: US$ 4,3 miliar (Rp 55,9 triliun) (Nrm/Ndw)

 

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.