Sukses

Jelang Tutup Tahun, Harga Daging Sapi Bertahap Naik

Kenaikan harga merupakan hal yang lumrah di akhir tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Harga daging sapi naik tipis menjelang tutup tahun 2015. Kenaikan harga seiring peningkatan permintaan terkait perayaan di masyarakat.

Hadibowo (50), pedagang daging sapi di Pasar Kebayoran Lama mengatakan kenaikan harga merupakan hal yang lumrah di akhir tahun.

Harga daging sapi naik dari sebelumnya Rp 100 ribu per kg menjadi Rp 110 ribu per kg. "Daya belinya tambah, anak SD pada sunatan, hajatan banyak," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Senin (21/12/2015).

Faktor lain, lanjut dia kenaikan harga daging karena pembatasan di pemotongan yang mengantisipasi kekurangan pasokan daging di pasaran. Jadi, sebaran daging di pasaran mulai menipis.


Meski terjadi kenaikan harga, Hadi mengeluhkan kondisi daging kali ini kualitasnya menurun. Dia mengatakan daging yang diterima lebih berlemak dibanding sebelumnya. "Kadar airnya juga lebih banyak dari yang kemarin-kemarin," tambah dia.

Pihaknya mengaku, daging serupa diterima pedagang memasuki Desember 2015. "Itu daging mulai masuk Desember," tandas dia.

Berikut harga pasaran daging sapi pantauan Liputan6.com

Sirloin Rp 110 ribu per kg
Tenderloin Rp 120 ribu per kg
Ekor Rp 85 ribu per kg
Ati Rp 60 ribu per kg
Jatung Rp 60 ribu per kg
Paru Rp 60 ribu per kg
Babat Rp 20 ribu per kg
Usus Rp 20 ribu per kg. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini