Sukses

7 Cara Tetap Produktif di Hari Libur

banyak orang yang mempersiapkan semuanya dari jauhhari, mulai dari mengajukan cuti hingga berusaha menyelesaikan pekerjaan yang ada.

Liputan6.com, Jakarta Libur akhir tahun merupakan sesuatu yang pastinya sudah ditunggu-tunggu oleh semua orang. Dari anak sekolah hingga ke karyawan di berbagai perusahaan juga sudah bersiap-siap menyambut libur panjang tersebut. Untuk itu banyak orang yang sudah mempersiapkan semuanya dari jauh-jauh hari, mulai dari mengajukan cuti jauh-jauh hari sampai berusaha keras menyelesaikan pekerjaan sebelum libur tiba.

Nah, untuk menjadi tetap produktif saat kita sudah bersiap-siap untuk berlibur mari kita coba untuk mengikuti tips berikut ini seperti yang dilansir dari laman Entrepreneur.com, Selasa (22/12/2015):

1. Bangun lebih awal

Untuk menjadi orang yang produktif cobalah dengan bangun lebih awal dari kebiasaan bangun Anda setiap harinya. 15-20 menit lebih awal akan membuat Anda memiliki waktu untuk melakukan banyak hal lebih banyak. Anda akan memiliki waktu ekstra untuk merencanakan pekerjaan Anda hari itu, melakukan latihan dan mengurangi stress Anda.

2. Rencanakan hari Anda

Ini akan membantu Anda untuk membuat rencana yang tepat untuk melakukan pekerjaan setiap harinya. Dengan cara ini Anda juga akan tetap fokus pada apa yang penting dan apa yang kurang dari pekerjaan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

perhatikan hal penting

3. Perhatikan hal-hal yang penting

Anda mungkin akan memiliki hal-hal penting dan tidak penting. Jika Anda tahu apa yang harus Anda dahulukan dan apa yang bisa Anda kesampingkan, pekerjaan Anda dijamin bisa lebih produktif dan cepat selesai. Anda dapat menjadi lebih produktif karena Anda memiliki perhatian lebih terhadap apa yang harus Anda lakukan.

4. Hindari pemborosan waktu

TV, internet, dan waktu yang dihabiskan untuk mengobrol tentu akan mengurangi waktu dan jatah kita menyelesaikan pekerjaan. Kita tentu tidak ingin buang-buang waktu dalam pekerjaan kita. Kita bisa mulai mengatur waktu dan mendisiplinkan diri kita agar bisa mendapatkan waktu luang untuk melakukan hal-hal yang kita sukai.

5. Kelompokkan tugas Anda

Pengelompokan tugas akan membantu Anda menjadi lebih prduktif karena Anda akan lebih fokus dalam aliran pekerjaan Anda. Termasuk menjawab email yang masuk ke inbox Anda.

3 dari 3 halaman

fokus dari gangguan

6. Fokus dan hindari setiap gangguan

Perkembangan teknologi akan menjadi gangguan bagi Anda. Saat Anda bekerja usahakan untuk tidak menyentuh perangkat elektronik atau gadget Anda. Karena menggunakannya akan mengurangi waktu Anda dalam bekerja.

7. Tetapkan batas waktu yang jelas

Ketika planning menetapkan batas waktu yang tepat dan realistik, Anda akan lebih tenang untuk bekerja dan tentu saja merasa harus segera menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Ini akan mengurangi tingkat stress Anda ketika pekerjaan sedang menumpuk dan harus Anda selesaikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini