Sukses


6 Kesalahan Saat Mendekorasi Ruang Minim

Warna terang ditambah dekorasi berupa furnitur berukuran kecil ternyata malah membuat ruangan terasa sesak.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang menghuni rumah tipe 36 atau 42, tentu harus cerdas dalam memaksimalkan tiap jengkal ruang di dalam rumah. Tak ayal, Anda pun dituntut untuk bisa mendekorasi ruang yang mungil agar terasa lapang dan nyaman.

Namun bukannya terlihat luas, ruangan sempit yang dimiliki malah menjadi semakin sesak. Lantas, di mana letak kekeliruannya?

Dilansir dari laman Rumah.com, Sabtu (26/12/2015) para ahli memaparkan beberapa kesalahan yang mungkin Anda lakukan pada ruang sempit, seperti mengecat seluruh muka dinding dengan warna putih. Lalu, apa lagi jenis kesalahan lainnya?

1. Dipenuhi banyak perabot

Laura Kirar mengungkapkan, sebuah furnitur berukuran besar ternyata dapat membuat ruangan terasa lebih luas, asalkan Anda memilihnya dengan cermat.

Jika langit-langit di ruang keluarga Anda cukup tinggi, maka tempatkanlah sebuah lemari berukuran tinggi juga. Faktanya, penempatan seperti ini dapat menghasilkan efek pandangan seseorang menjadi jauh ke atas dan lepas dari kesan sempit.

2. Bermain aman

Victoria Neale mengungkapkan, kamar tidur berukuran terbatas, tak lantas membuatnya harus hampa dari dekorasi menarik. Anda tetap bisa menambahkan hiasan dinding atau cushion dengan warna yang mencolok di satu sudut ruangan. Dekorasi seperti ini nyatanya mampu menjadi ilusi perhatian mata dari sempitnya ruangan.

3. Dekorasi tanpa rencana matang

Elaine Griffin mengungkapkan, putuskan segala sesuatu yang wajib ada di dalam sebuah ruangan. Mengingat, Anda tidak punya banyak lahan untuk menuangkan segala keinginan. Bagilah ruang geometris menjadi beberapa zona orientasi –area bekerja, tidur, santai, makan-, sehingga Anda bisa menentukan dekorasi yang tepat dan mampu membuat nyaman.

4. Tidak memperhatikan dinding dan lantai

Mary McGee mengungkapkan, warna dinding yang bercahaya dan lantai yang mengkilap, secara otomatis mampu memberikan ilusi ruang yang lebih luas. Ya, ini karena mata manusia mudah dimanipulasi agar mempersepsi ruangan lebih luas dari aslinya.

Trik lain yang bisa Anda lakukan adalah memilih bingkai dan jeruji jendela dengan desain minimalis. Desain jendela yang dengan pola kompleks akan membuat ruangan Anda terlihat “penuh” dan terasa sesak.

Trik visual lain adalah dengan mengecat pola-pola vertikal di dinding rumah Anda. Pola vertikal ini akan membuat ruangan terasa lebih tinggi dan lapang.

5. Mengandalkan furnitur kecil

Mona Hajj mengungkapkan, warna terang ditambah dekorasi berupa furnitur berukuran kecil ternyata malah membuat ruangan terasa sesak. Selain itu, pengaplikasian aksesoris yang tepat juga dapat memberikan ruang yang lebih luas dan mewah.

6. Membiarkan ruangan tanpa pembatas

Philip Gorrivan mengungkapkan; ruangan yang dibiarkan menyatu tanpa dinding pembatas memang bisa terlihat lebih luas, tetapi juga lebih mudah terlihat berantakan. Anda tak harus membangun tembok-tembok pembatas yang kaku. Rak buku yang menjulang tinggi bisa menjadi pilihan pembatas ruangan yang ideal karena bisa berfungsi ganda. (Fathia A/Ahm)

Foto: Pixabay

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini