Sukses

Jokowi Puji Cara Kerja Mentan Amran Sulaiman

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Senin (21/12) kemarin menyerahkan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Tahun 2015 di Istana Negara, Jakarta.

APN merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada individu, kelompok tani, masyarakat umum, dan pemerintah daerah yang dinilai berhasil meningkatkan kedaulatan pangan di daerahnya. APN sendiri telah berjalan sejak tahun 2011.

Dalam Sambutannya, Presiden Joko Widodo memuji cara bekerja Menteri Pertanian, Amran Sulaiman.

"Saya senang bahwa Menteri Pertanian sangat mengerti lapangan bukan dari teori tetapi dari lapangan. Menteri ini doktor hama yang menguasai pestisida dan benih, saya yang nilai bukan menteri," ujar Jokowi seperti rilis yang diterima Liputan6.com, Selasa (22/12).

Seperti diketahui, anggaran Kementan mengalami kenaikan sebesar 100%. Seharusnya, hasil dari hal tersebut perlu menunggu selama 2-3 tahun. Namun, sekarang ini hasilnya sudah dapat dilihat. Kepada para Gubernur dan Bupati yang menerima penghargaan, Jokowi meminta agar tetap meminta tambahan anggaran seperti pupuk dan lain lain.

"Karena yang datang ini kan yang baik. Kalau nggak dikasih langsung, sampaikan kepada saya. Saya senang, Mentan mengerti di lapangan,” papar seraya tersenyum.

Sebelumnya, penghargaan tersebut diserahkan pemerintah berbentuk lomba intensifikasi pertanian sejak tahun 1979. Pemberian penghargaan bertujuan untuk mengapresiasi dan memotivasi kelompok tani/nelayan meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian, pendapatan petani dan nelayan dalam berusaha tani tanaman pangan, peternakan, perikanan, dan perkebunan.

(*)

 

Artikel Selanjutnya
6 Kesalahan Atur Keuangan Saat Usia 40 Tahun
Artikel Selanjutnya
4 Jurus Jitu Menambah Penghasilan Tanpa Korupsi