Sukses

Transportasi Kereta Api RI Mulai Melaju Kencang

Pemerintah melalui PT KAI, terus melakukan pembenahan. Mulai dari sarana infrastruktur maupun layanan kereta api.

Liputan6.com, Jakarta - Kereta api, alat transportasi yang satu ini tak bisa lepas dari kehidupan masyarakat Indonesia. Bahkan, pada momen tertentu seperti Hari Lebaran dan Natal, kereta api merupakan transportasi massal andalan masyarakat yang hendak mudik ke kampung halaman.

Pemerintah melalui PT Kereta Api Indonesia (KAI), BUMN pengelola transportasi kereta, terus melakukan pembenahan. Mulai dari sarana infrastruktur maupun layanan. Hal ini demi memberikan kenyamanan bagi masyarakat pengguna setia kereta api.

Tak hanya secara komersial, sebagai bukti komitmen penyediaan transportasi murah, pemerintah menyuntikan dana subsidi untuk tarif kereta api dalam bentuk public service obligation (PSO) ke beberapa rute jarak jauh maupun kereta rel listrik (KRL). Besaran subsidi berubah setiap tahun yang diambil dari anggaran negara.

PSO tersebut disalurkan melalui PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan anak usahanya yaitu PT KA Commuterline Jakarta (KCJ).

Bahkan, terbaru pemerintah tengah menyiapkan satu transportasi kereta api canggih yang super cepat. Alhasil, mulai tahun depan segera dimulai proyek kereta cepat rute Jakarta-Bandung. Sementara yang sedang digadang-gadang adalah kereta cepat Jakarta-Surabaya.

Lantas, sejauh mana perkembangan transportasi kereta di dalam negeri, simak ulasannya, Rabu (23/12/2015):

Bakal Kembangkan Industri Kereta Api

Memiliki industri kereta api sudah menjadi mimpi negara ini. Menteri Perindustrian Saleh Husin menginginkan adanya pengembangan industri kereta api berbasis jangka panjang terjadi di Indonesia.

Saleh menambahkan, selain Jawa dan Sumatera, Indonesia bakal mengembangkan jaringan kereta api di Kalimantan sepanjang 2.428 km dan Sulawesi 1.772 km. Hal ini menjadi peluang bagi industri kereta api nasional, termasuk melalui kemitraan dengan perusahaan global.

Pekerja PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun merapikan bagian dalam Kereta Api (KA) kelas Eksekutif di workshop PT Inka, Jumat (21/8). (Antara)

Di sinilah, kereta api membutuhkan banyak bahan baku dan komponen. Kebutuhan ini merupakan peluang bagi industri kereta api. Sebutlah PT INKA, industri baja, logam termasuk alumunium, industri pengolahan hasil tambang seperti smelter nikel dan bauksit, dan produsen komponen untuk memasok ke industri kereta api.

Pertumbuhan ekonomi nasional dan meningkatnya mobilitas penumpang serta barang, idealnya disokong transportasi seperti kereta api.  

Dikatakan, pengembangan industri kereta api beserta industri penunjangnya mesti berbasis penguasaan teknologi dan aktivitas riset yang kontinyu serta bervisi jangka panjang.

"Seiring pengembangan industri di luar Jawa, kawasan ekonomi terus tumbuh dan membutuhkan jaringan transportasi massal seperti kereta api. Kita harapkan, meningkatnya pembangunan jalur kereta api berimbas pada meningkatnya industri perkeretaapian," kata Menperin.

Pemberian Subsidi

Saban tahun, pemerintah menggelontorkan subsidi untuk tarif kereta api. Penyelenggaraan PSO wajib dilakukan setiap tahun guna memberikan layanan angkutan kereta api baik antar‎kota maupun perkotaan kepada masyarakat pengguna kereta.

Seperti pada tahun depan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali menandatangani kontrak Kewajiban Pelayanan Publik (PSO) Bidang Angkutan Kereta Api (KA) Pelayanan Kelas Ekonomi Tahun 2016.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwiatmoko mengatakan pada tahun depan besaran PSO angkutan kereta sebesar Rp 1,8 triliun atau naik 20 persen dari anggaran PSO tahun ini.

Ilustrasi tiket kereta api (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Hermanto menjelaskan, anggaran PSO sebesar Rp 1,8 triliun tersebut akan diperuntukan untuk 6 jenis angkutan kereta antara lain KA jarak jauh sebesar Rp 105 miliar, KA jarak sedang Rp 133 miliar, KA jarak dekat Rp 409 miliar, kereta rangkaian diesel Rp 66 miliar, KA lebaran ‎Rp 1,4 miliar dan kereta rel listrik (KRL) sebesar Rp 1,11 triliun.

"Adanya PSO 2016, terutama mengenai pemenuhan Standar Pelayanan Minimum (SPM) baik di stasiun maupun di kereta," kata dia.

Terdapat tujuh rute kereta yang baru mendapatkan PSO di tahun depan, antara lain:

1. KA Tegal Ekspress (Tegal-Pasar Senen) dengan tarif sebesar Rp 50 ribu, sebelumnya sebesar Rp 80 ribu

2. KA Maharani (Surabaya Pasar Turi- Semarang Poncol) dengan tarif sebesar Rp 50 ribu, sebelumnya sebesar Rp 80 ribu

3. KA Sri Lelangwangsa (Binjai-Medan) dengan tarif sebesar Rp 5.000, sebelumnya sebesar Rp 10 ribu

4. KA Kedungsepur (Ngrerombo-Semarang Poncol) dengan tarif sebesar Rp 10 ribu sebelumnya Rp 20 ribu

5. KRD Way Umpuh (Tanjung Karang-Kota Bumi) dengan tarif sebesar Rp 10 ribu, sebelumnya Rp 20 ribu

6. KA Probowangi (Probolinggo-Surabaya Gubeng) dengan tarif sebesar Rp 32 ribu, sebelumnya Rp 40 ribu

7. KA Rangkasjaya (Rangkas Bitung - Tanah Abang) dengan tarif Rp 5.000 sebelumnya Rp 15 ribu.


Penyesuaian Tarif Kereta Api 

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PTKAI mengumumkan mulai 1 April 2015 tarif kereta api kelas ekonomi jarak sedang dan jarak jauh mengalami kenaikan harga hingga mencapai 100 persen, Jakarta, Jumat (13/3/2015). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Meski memberikan subsidi, pada tahun depan pemerintah kembali menyesuaikan tarif kereta api berupa kenaikan. Penyesuaian tarif sebagai antisipasi tidak cukupnya pemberian subsidi yang mencapai Rp 1,8 triliun di 2016.

Sejumlah KA yang mengalami perubahan tarif antara lain:

1. KRD Surabaya Kota-Porong dari Rp 4.000 menjadi Rp 5.000 (mulai diberlakukan 1 Januari 2016)

2. KA Lokal (Purwakata-Cibatu) tarif semula Rp 6.000 menjadi Rp 8.000 (mulai diberlakukan 1 Januari 2016)

3. Untuk KRL, perhitungan tarif untuk jarak tempuh 0 sampai 25 kilometer pertama sebesar Rp 2.000 menjadi Rp 3.000 (mulai diberlakukan 1 Oktober 2016).

Dan terakhir, terdapat beberapa KA yang tidak lagi mendapatkan PSO. Ini mulai diberlakukan pada 1 April 2016 karena biaya operasi lebih rendah dari tarif yang ditetapkan oleh Menteri Perhubungan, antara lain, KA Kertajaya (Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi), KA Kutojaya Utara (Pasar Senen - Cirebon - Kutoarjo), KA Progo (Lempuyangan - Pasar Senen), KA Tawang Jaya (Semarang Poncol - Pasar Senen) dan KA Tegal Arum (Tegal - Pasar Senen).

Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Negara-negara ini telah mengalahkan Indonesia dalam hal teknologi kereta api cepat. Apa saja?Tak ingin tertinggal dari negara lain, pemerintah serius menggarap proyek kereta cepat. Salah satunya kereta cepat rute Jakarta-Bandung.

Pemerintah Propinsi Jawa Barat (Jabar) menegaskan megaproyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan memulai konstruksi pada pertengahan Januari 2016.

Rencananya, pelaksanaan groundbreaking atau pemasangan tiang pancang ini berbarengan dengan peletakkan batu pertama untuk pembangunan terminal di Bandar Udara Internasional Kertajati, Majalengka.

Kepala BPMPT Propinsi Jawa Barat, Dadang Mohammad mengatakan, seluruh persiapan membangun kereta cepat Jakarta-Bandung dari seluruh Bupati dan Walikota daerah yang akan dilintasi transportasi massal ini.

Ditargetkan, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dapat selesai sekitar dua sampai tiga tahun mendatang. Sehingga kereta cepat ini dapat beroperasi penuh pada 2018.

"Proyek ini akan memberikan dampak ekonomi luar biasa, karena selama ini sebaran pembangunan hanya bertumpu di Bandung Tengah, sedangkan Bandung Utara merasa tertinggal," pungkas Dadang.

Untuk diketahui, Konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menandatangani joint venture agreement (perjanjian pendirian perusahaan patungan) antara PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) dengan BUMN China, China Railway International Co.Ltd untuk membangun kereta cepat (High Speed Railways/HSR) koridor Jakarta-Bandung.

PT PSBI merupakan konsorsium BUMN yang dibentuk dengan keanggotaan PT Wijaya Karya Tbk, PT Jasa Marga Tbk, PT Perkebunan Nusantara VIII dan PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Kereta Lintas Sulawesi

Selain proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, Sulawesi juga bakal punya kereta cepat. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Keementerian Perhubungan saat ini tengah membangun rel kereta api di Sulawesi Selatan untuk menghubungkan Makassar dengan Pare-Pare.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro mengungkapkan rel kereta yang tengah dibangun ini memiliki lebar 1,435 meter, lebih lebar dari yang dioperasikan selama ini di Jawa, yang hanya 1,067 meter.

"Jadi ini sudah kecepatan tinggi, kereta bisa melaju 200 km/jam lebih, yang sekarang ini hanya bisa maksimal 120 km/jam,"‎ kata Edi.

Sebagai operator yang bakal ditugaskan‎ mengoperasikan kereta cepat di Sulawesi tersebut, KAI tentunya memerlukan sarana kereta yang lebih bagus dari apa yang ada sekarang, baik dari gerbong dan lokomtif yang akan dipakai.

Untuk mendukung perkembangan industri dalam negeri pihaknya akan menawarkan kepada PT INKA untuk membuat gerbong kereta cepat untuk penumpang. Nantinya tidak hanya kereta penumpang yang dioperasikan, namun juga kereta barang.

‎"Kalau dari kami sendiri kami akan minta PMN untuk menyediakan prasarananya karena sarananya berbeda sekali," tegas Edi.

Jalur kereta tersebut sampai saat ini sudah dibangun dengan progres mencapai 80 persen. Diharapkan untuk tahap pertama akan selesai pada tahun depan. Dengan demikian pengoperasian kereta cepat ini sendiri akan menjadi yang pertama sebelum kereta cepat Jakarta-Bandung.(Nrm/Ahm)


**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.