Sukses

Target Penerimaan Negara dari Sektor Tambang Meleset

Harga komoditas tambang melemah membuat target penerimaan negara dari sektor tambang menyusut.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat target Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sektor ‎pertambangan 2015 sebesar Rp 52 triliun tidak tercapai.
‎
 
Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot mengatakan realisasi penerimaan negara dari sektor pertambangan saat ini baru mencapai Rp 30 triliun.
 
"Sehingga target Rp 52 triliun dan realisasi sekarang Rp 30 triliun," kata Bambang, di Kantor Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (23/12/2015).
 
Bambang mengungkapkan, tidak tercapainya target tersebut disebabkan oleh penurunan harga komoditas pertambangan dipicu ekonomi global melambat.
"Penerimaan negara jelas turun, kita saat ini target berdasarkan asumsi. Harga belum membaik , produksi masih seperti sekarang, ini harga sebenarnya," ujar Bambang.
 
Bambang menambahkan, penyebab lain adalah tidak terlaksananya penerapan peningkatan royalti produksi batubara sebesar 13,5 persen. Saat ini royalti batu bara untuk kalori rendah 3 persen, sedang 5 persen dan 7 persen untuk kalori tinggi.
 
"Belum diterapkan pakai 13,5 persen. Ternyata kita tidak jadi naikkan royalti batu bara jadi 3,5,7 persen, karena tarifnya masih tetap," tutur Bambang. (Pew/Ahm)
 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini