Sukses


Renovasi Kamar Tidur dengan Anggaran Minim? Bisa Kok!

Apa bisa merenovasi kamar tidur dengan bujet yang terbatas? Cek jawabannya di ulasan ini!

Liputan6.com, Jakarta - - Uang merupakan aspek utama yang harus dipersiapkan secara matang saat Anda berencana untuk merenovasi kamar tidur. Selain itu, diperlukan juga beberapa taktik jitu agar nantinya desain kamar tidur Anda sesuai dengan harapan. Namun bisakah merenovasi kamar tidur dengan anggaran yang minim?

Kontraktor dan Konsultan Rumah Tinggal, Ir. Alfian Amran, mengatakan hal ini bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Jika dana yang Anda miliki terbatas, katakanlah hanya Rp10 juta saja, maka Anda harus lebih cermat dalam mengatur semua pengeluaran.

Untuk itu, Rumah.com memaparkan beberapa poin yang bisa Anda pelajari berikut ini.

Mau renovasi ke desain seperti apa?

Hal yang pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah desain. Pikirkan nuansa apa yang ingin dibangun dari kamar tidur Anda. Apakah nuansa yang romantis, rileks, atau serius?

Jika kamar tidur yang ingin direnovasi adalah kamar tidur Anda dan pasangan, ada baiknya jika mendiskusikan hal ini secara berdua. Agar segala persiapannya matang, dan tak ada pertentangan saat renovasi telah usai.

(Kalau mau beli rumah, simulasikan dulu cicilan rumah per bulannnya lewat Kalkulator KPR dari Rumah.com)

Sementara untuk merenovasi kamar tidur anak, sangat penting untuk menanyakan kepada si buah hati, desain apakah yang ia impikan.

Beberapa anak usia dini biasanya menginginkan adanya kehadiran tokoh kartun favorit atau nuansa barbie di dalam kamar tidurnya. Ketahui juga titik-titik mana saja yang hendak direnovasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cari tukang dari rekomendasi kerabat

(Mau tahu apa saja dokumen yang harus diurus dalam proses pembelian rumah pertama? Simak selengkapnya di Panduan Rumah.com)

Jika dana yang dimiliki sangat terbatas, Alfian menyarankan agar Anda memilih tukang yang menggunakan sistem harian ketimbang borongan. Hubungi kerabat yang kenal dengan tukang bangunan sebagai referensinya.

Karena biasanya, rekomendasi dari teman atau kerabat kerap memberikan hasil yang memuaskan. Perlu diketahui, harga tukang harian saat ini berkisar Rp 120 ribu. Maka, jika renovasi membutuhkan waktu satu minggu, anggaran yang harus Anda persiapkan adalah Rp 840 ribu.

Kelebihan menggunakan sistem harian adalah, tukang harus bekerja terus tanpa ada kesempatan menganggur. Untuk mengefisienkan pekerjaan tukang.

Anda juga harus menyiapkan terlebih dahulu material serta gambar teknik yang menerangkan apa saja yang perlu diganti, dirobohkan dan dibangun. Kelebihan lain, Anda bisa menghentikan pekerjaannya bila dalam dua hari ia tak memberikan hasil yang sesuai rencana.

(Sebelum beli rumah baru, pastikan Anda sudah menyimak ulasan lengkapnya di Review Properti dari Rumah.com)

Namun, sistem ini juga memiliki kekurangan yakni Anda harus terus menerus mengawasi aktivitas pekerjaannya. Karena jika tidak melakukan pengawasan, bisa saja si tukang bermalas-malasan sehingga waktu renovasi akan semakin lama dan melebihi anggaran yang sudah ditetapkan.

Pilihan lainnya, jika Anda punya banyak waktu dan mau bersusah payah, kenapa tidak melakukannya sendiri?

3 dari 3 halaman

Beli bahan bangunan di mana?

Pembelian bahan bangunan, ada baiknya dilakukan oleh Anda sendiri. Hal ini demi menekan bajet dan menghindari adanya kecurangan yang dilakukan pihak ketiga. Sebelum berbelanja, lakukan survey terlebih dahulu, toko bangunan mana yang sedang menawarkan potongan harga.

“Supermarket bahan bangunan biasanya sering menghadirkan diskon setiap minggunya. Jadi, Anda bisa mendapatkan cat berkualitas bagus dengan harga yang terjangkau. Dengan begitu bajet minim bukan lagi halangan, bukan?” tandasnya.

Sementara untuk membeli beberapa perkakas bangunan, Anda bisa mendatangi toko material langganan terdekat.

Barang bekas berkualitas

Mengingat dana yang sangat minim, Alfian juga menganjurkan agar menggunakan barang bekas berkualitas atau barang baru berkualitas sedang. Bila dipilih dengan cermat, tak menutup kemungkinan Anda akan menemukan kusen atau teralis bekas yang masih bagus dan sangat layak digunakan.

(Rumah yang dibeli dari pengembang pasti bisa dimiliki dengan cara dicicil. Untuk mengetahui berapa nominal cicilan rumah idaman, gunakan fitur Kalkulator Keterjangkauan dari Rumah.com)

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.