Sukses

AP II Operasikan Terminal Baru Bandara Sultan Thaha Jambi

Terminal ini dapat menampung penumpang dengan kapasitas 1,6 juta orang setiap tahun.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) mulai mengoperasikan terminal baru Bandara Sultan Thaha, Jambi, pada Minggu (27/12/2105). Terminal ini dapat menampung penumpang dengan kapasitas 1,6 juta orang setiap tahun.

Direktur Utama Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi, menyatakan terminal baru Bandara Sultan Thaha ini merupakan salah satu upaya perusahaan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Jambi, khususnya para penumpang pesawat yang berangkat dan tiba di Jambi."
 
"Terminal modern ini menjadi ikon baru Kota Jambi dan memiliki luas sekitar 12 ribu meter persegi. Terminal tersebut juga dapat menampung 1,6 juta penumpang per tahun," ucap Budi dalam keterangan resminya di Jakarta.
 
Dari data Angkasa Pura II, pengoperasian terminal baru di bandara Sultan Thaha dirasakan pertama kalinya oleh penumpang pesawat Garuda Indonesia tujuan Jakarta dengan nomor penerbangan GA 129.

Keberangkatan pukul 06.00 WIB serta penumpang Lion Air nomor penerbangan JT 607 keberangkatan ke Jakarta pukul 06.00 WIB.
 
Penerbangan yang mendarat perdana di terminal baru Sultan Thaha adalah Lion Air nomor penerbangan JT 600 dari Jakarta pukul 06.50 WIB dan Garuda Indonesia GA 130 dari Jakarta pada pukul 07.10 WIB.
 
Saat ini di Bandara Sultan Thaha beroperasi sebanyak 6 maskapai nasional, yakni Garuda Indonesia, Lion Air, Wings Air, Sriwijaya Air, NAM Air, dan Susi Air dengan tujuan ke berbagai kota di Indonesia.
 
Budi menjelaskan terminal baru Bandara Sultan Thaha ini memiliki sejumlah fasilitas baru guna mewujudkan kenyamanan dan pelayanan prima kepada penumpang pesawat, di antaranya fix bridge untuk mendukung penggunaan dua garbarata, mesin self check-in, lift, area tenant, VIP Lounge, dan lainnya.
 
Di sisi udara, fasilitas yang terdapat di bandara adalah landas pacu atau runway berukuran 2.000 meter x 30 meter yang dapat digunakan untuk penerbangan hingga pesawat sekelas Boeing 737-800 NG.
 
"Melalui pengoperasian terminal baru ini, kami yakin akan lebih banyak maskapai yang beroperasi di Bandara Sultan Thaha guna memberikan pilihan penerbangan lebih banyak bagi masyarakat Jambi," ucap Mantan Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk itu. (Fik/Ndw)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini