Sukses

Menteri ESDM: Bos Freeport Mundur akan Bawa Suasana Baru

Menteri ESDM Sudirman Said menegaskan kalau keputusan James Moffett merupakan keputusan internal perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Freeport Mcmoran Inc, James Moffett mengundurkan diri dari jabatannya. Jim panggilan James Moffet, selanjutnya akan menjadi konsultan di perusahaan tersebut.

Menanggapi perubahan menejemen di dalam perusahaan tersebut, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengaku menyambut baik. Dia berharap perubahan itu akan membawa dampak yang positif.

"Saya selalu menyambut baik, menyambut positif setiap perubahan, karena perubahan itu pasti akan membawa suasana baru," kata Sudirman di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (29/12/2015).

Dia menegaskan keputusan Jim tersebut tidak ada kaitannya dengan proses perpanjangan kontrak Freeport Indonesia yang tengah menjadi sorotan berbagai kalangan belakangan ini.

"Itu keputusan internal korporasi mereka, pemerintah tidak bisa ikut campur‎," tegas Sudirman.

Namun begitu, Sudirman mengharapkan dengan ditetapkannya Jim sebagai konsultan Freeport dan adanya pengganti di posisi yang ditinggalkannya, dapat membawa suasana dan sistem kerja yang baru.
‎

Dengan ada sistem kerja baru itu akan membawa dampak positif terhadap kinerja perusahaan tersebut, termasuk anak usahanya yang beroperasi di Indonesia, PT Freeport Indonesia.
‎

"Pemimpin baru dari Freeport tentu akan membawa cara kerja baru yang tentu bisa kita antisipasi, saya kira itu adalah urusan internal mereka," ujar dia.
‎

Seperti diketahui, Jim tercatat mempunyai peran penting dalam pengembangan tambang emas dan tembaga Grasberg di Papua, Indonesia dan merupakan salah satu cadangan emas terbesar di dunia.

"Setelah pertimbangan cermat, dewan menyimpulkan bahwa perubahan dalam posisi ketua akan berada dalam kepentingan terbaik dari perusahaan dan pemegang sahamnya," kata juru bicara perusahaan dalam sebuah email yang dilansir dari Reuters.

"Moffett dan dewan saling sepakat bahwa ia akan mengundurkan diri."

Salah satu pemegang saham terbesar di Freeport, Carl Icahn, yang dimiliki 8,8 persen dari Freeport pada 22 September, telah mengkritisi pengeluaran perusahaan, struktur modal dan kompensasi eksekutif pada saat harga komoditas lemah.

Icahn dan Freeport mencapai kesepakatan pada Oktober, menempatkan "pembatasan" pada aktivis investor mencari penghapusan dari setiap anggota dewan.

Perusahaan mengatakan akan mengurangi jumlah direksi menjadi sembilan dari 16, dan memisahkan bisnis minyak dan gas dari operasi penambangan.

Moffett, yang telah menjadi Bos Freeport dan perusahaan pendahulunya sejak tahun 1984, mendirikan McMoRan Minyak & Gas Co pada 1969 dan memimpin merger dengan Freeport Minerals Co pada 1981. (Yas/Ahm)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini