Sukses

Tips Rencanakan Keuangan di Awal Tahun

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda terapkan saat mengatur keuangan.

Liputan6.com, Jakarta - Awal tahun, mungkin ini menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk kembali mengatur keuangan. Pengaturan guna menopang keuangan pribadi agar kembali bisa mempersiapkan anggaran untuk jangka panjang maupun jangka pendek di tahun ini.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda terapkan untuk mengatur keuangan, seperti melansir laman Entrepreneur.com, Selasa (5/1/2016). Terdapat lima tips bagaimana mengatur keuangan di tahun ini. Apa saja?

1. Rencanakan pos keuangan

Ego bisa menjadi penghalang perencanaan keuangan masa depan, meski jika Anda memiliki bisnis yang sedang berkembang.

Sebab itu Anda harus memaksimalkan apa yang dapat disisihkan di rekening tabungan. Kemudian sisihkan pula biaya medis, pendidikan anak. Sebab jika tidak mandiri secara finansial, kemungkinan Anda akan kesulitan.

2. Kurangi utang

Jika Anda memiliki kartu kredit, mulai dari sekarang kurangi pemakaiannya jika hal itu bisa menyulitkan anggaran keuangan. Pertimbangkan penggunaan kartu kredit yang menawarkan pembayaran dengan bunga kecil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Berikutnya

3. Pikirkan biaya pendidikan anak

Jika Anda belum memikirkan masa depan anak, maka mulailah di tahun ini. Buatlah tabungan pendidikan kuliah sejak dini.

Rencanakan berapa per bulan uang yang akan ditabung untuk biaya kuliah anak Anda. Minta kontribusi keluarga untuk ikut menyumbang dana.

4. Sewa ahli pembukuan

Carilah rekomendasi dari orang yang memahami soal pajak jika Anda kesulitan untuk mengatur anggaran soal ini. Sebab pembayaran pajak kerap menjadi masalah dalam anggaran, seperti biaya pajak rumah dan mobil.

Selain itu Anda juga dapat meminta masukan seputar keuangan agar dapat mengatur finansial di tahun ini.(Apr/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini