Sukses

5 Langkah Cerdas Hadapi Inflasi

Banyak orang yang tidak mengerti dan menyadari betapa besar efek yang diakibatkan oleh terjadinya sebuah inflasi.

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam imbas yang akan terjadi akibat merosot dan melemahnya sistem perekonomian, salah satu hal yang paling sering terjadi adalah inflasi.

Inflasi menyebabkan naiknya harga barang-barang di pasaran, serta tingginya biaya yang harus dikeluarkan oleh sektor produksi. Hal ini terjadi, akibat menurunnya nilai mata uang.

Banyak orang yang tidak mengerti dan menyadari betapa besar efek yang diakibatkan oleh terjadinya sebuah inflasi, meskipun hal yang sesungguhnya dapat dirasakan, saat orang-orang mengalami kesulitan dalam memenuhi segala kebutuhan hidupnya.

Pada kenyataannya, tak ada hal yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan inflasi, namun beberapa langkah di bawah ini dapat dijadikan sebagai persiapan diri dalam menghadapi inflasi seperti dilansir dari moneytalknews.com, Senin (4/1/2016):

1. Hidup hemat

Inflasi akan memberi pengaruh yang cepat pada kenaikan harga berbagai macam kebutuhan pokok. Untuk itu, mulailah mengatur dan meminimalisir segala bentuk pengeluaran yang Anda miliki. Lakukan beberapa terobosan bijak sehari-hari agar dapat menghemat segala pengeluaran yang harus Anda keluarkan.

2. Mempelajari seni berinvestasi

Meskipun inflasi bukan suatu hal yang dapat dihentikan, namun Anda dapat melakukan pencegahan terhadap efek yang akan ditimbulkannya di dalam keuangan Anda. Salah satu langkah tepat yang dapat dilakukan adalah dengan cara melakukan investasi dalam bentuk saham maupun obligasi.

Dengan melakukan investasi dalam bentuk saham atau obligasi, Anda melakukan tindakan yang berani menghadapi risiko. Namun, hal itu akan sebanding dengan keuntungan yang akan didapatkan nantinya. Lakukanlah pengumpulan informasi yang cukup dan mulailah memahami dan mencoba untuk mendapatkan segala informasi tambahan yaang Anda butuhkan dari seseorang yang ahli di bidang ini.

3. Mencari suku bunga yang tetap

Pastikan setiap layanan perbankan maupun investasi Anda memberikan layanan suku bunga yang tetap. Hal ini sangat penting untuk mengantisipasi kenaikkan iuran dan biaya lainnya saat terjadi inflasi.

Saat terjadi inflasi, maka kenaikan harga adalah satu hal yang tidak dapat dicegah dan dihindari. Hal ini juga akan secara otomatis menimbulkan kenaikan iuran rutin dan segala macam biaya yang harus Anda keluarkan dalam pengelolaan keuangan Anda.

4. Membeli rumah

Membeli dan memiliki sebuah rumah adalah langkah tepat untuk menghadapi inflasi, hal ini akan sangat berdampak baik bagi keuangan. Apalagi, mengingat rumah adalah aset tetap, yang nilainya akan terus naik dan bertambah setiap tahunnya.

5. Membuka diri terhadap pilihan

Dalam setiap perencanaan keuangan, hendaklah Anda memiliki lebih dari satu rencana. Sehingga, saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan rencana keuangan, Anda masih akan memiliki serangkaian rencana lainnya yang dapat dijadikan pilihan.

Lakukan pengelolaan keuangan dengan cara yang bijak, menabunglah untuk berbagai macam kebutuhan darurat, yang mungkin saja terjadi pada diri Anda. (Vna/Gdn)


**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini