Sukses

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Menerima Pekerjaan

Anda harus tetap selektif saat menerima tawaran pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat diterima bekerja di sebuah perusahaan, perasaan senang, jantung berdebar dan bingung dipastikan akan menyelimuti siapa pun yang telah lama menganggur. Namun jangan sampai hal ini membuat Anda melupakan beberapa hal sebelum menerima pekerjaan itu. Anda tetap harus selektif saat menerima tawaran pekerjaan.

Seperti dikutip dari Forbes.com, Senin (14/3/2016), terdapat pertanyaan penting yang harus Anda dapat jawabannya dari manajemen kantor baru sebelum menerima tawaran pekerjaan. Apa saja itu?

1. Jam kerja dalam sepekan atau sehari

Pertanyaan ini diajukan agar Anda tahu berapa waktu bekerja dalam sehari. Karena dengan begitu Anda dapat mengatur jadwal dan kegiatan lain di luar jam kerja.

2. Libur di akhir pekan

Anda harus mengajukan pertanyaan ini karena jika pada saat libur akhir pekan Anda diminta untuk datang ke kantor. Jika ada lembur, berarti Anda mempunyai hak untuk membuat perjanjian dengan meminta uang lembur.

3. Budaya kerja di tempat baru

Anda harus dapat mempertimbangkan jam kerja. Indonesia memiliki jam kerja maksimal 9 jam. Apakah jam kerja tersebut sama dengan di tempat kerja Anda.

4. Cara berkomunikasi dengan rekan kerja

Pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui jika pekerjaan itu dilakukan individu atau sebuah tim. Selain itu, komunikasi dengan rekan kerja ikut andil dalam menyiapkan kelancaran kerja Anda.

5. Dukungan rekan kerja

Pertanyaan tersebut diajukan agar Anda tahu di dalam perusahaan tersebut apakah terjadi komunikasi yang senioritas atau tidak. Sebab, kenyamanan dalam bekerja menjadi hal penting untuk membuat Anda betah berada di dalam kantor. (Apr/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.