Sukses

Bursa Asia Melemah Dipicu Perlambatan Ekonomi China

Indeks saham Asia dibuka melemah menjelang pembukaan perdagangan di China

Liputan6.com, Jakarta Indeks saham Asia dibuka melemah menjelang pembukaan perdagangan di China. Investor gugup akan adanya sell off di pasar China.

Di Jepang, indeks acuan Nikkei 225 jatuh 1,2 persen ke level 17.562,23 sebagai perhatian terhadap perlambatan ekoonomi China. Bank Sentral China, lebih jauh melemahkan yuan untuk sesi kedelapan kali berturut-turut pada Kamis, membuat ketalutan akan adanya perang mata uang di kawasan.

Pelemahan yuan membuat ekspor lebih murah, dan meningkatkan ekonomi negara.

Sementara Indeks saham Australia turun 0,5 persen di mana S&P/ASX 200 berada dalam posisi 4.985,20.

Partner perdagangan terbesar Australi8a adalah China, Australia bergerak dengan negara dengan ekonomi terbesar kedua itu untuk meningkatkan ekspor yang membuat investor khawatir akan bagaimana pertumbuhan yang melambat bisa berpengaruh pada perdagangan.

Di Korea Selatan, indeks Kospi jatuh 0,6 persen ke level 1.892,86, mengikuti tren glibal. Saham Samsung Electronics naik 0,7 persen.

Perdagangan di China tertunda untuk kedua kalinya pada pekan ini setelah CSI turun 7 persen dan memicu cirsuit breaker, bermaksud untuk meredam volatilitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.