Sukses

7 Kopi Termahal di Dunia, Nomor 1 dari Indonesia

Semakin berkembangnya metode dan teknologi yang digunakan, kualitas dari secangkir kopi pun bertambah.

Liputan6.com, Jakarta - Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang banyak digemari masyarakat. Kopi dibudidayakan di seluruh dunia di lebih dari 70 negara, dan dikonsumsi di ratusan negara.

Sejak jaman dahulu, kopi biasanya dihidangkan mulai pada upacara keagamaan, kepada tamu terhormat, hingga untuk dikonsumsi sehari-hari, seperti sebelum bekerja atau saat bersantai.

Ada banyak varietas dari kopi, mulai dari jenis tanaman hingga metode pemrosesannya. Jenis dan metode pemrosesan yang berbeda di berbagai daerah memberikan tekstur aroma dan rasa yang berbeda. Semakin berkembangnya metode dan teknologi yang digunakan, standar dan kualitas dari secangkir kopi pun bertambah.

Berikut adalah 7 kopi termahal dunia dilansir dari laman therichest.com, Senin (11/1/2016):

7. Los Planes (Citala, El Salvador) - Rp 555.000 per 500 gram

Jenis kopi ini tumbuh dan dibudidayakan di daerah Citala, El Salvador. Selain memiliki kualitas yang bagus, biji kopi ini juga memiliki aroma dan rasa yang enak. 

Los Planes sendiri merupakan nama sebuah perkebunan milik José Onofre Ticas yang kemudian memiliki cucu bernama Sergio Yeyes Ticas yang mengembangkan biji kopi jenis Bourbon dan Pacamara.

Perkebunan ini terletak di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut dan ditanam di seperempat bagian dari luas total 170 hektare (ha). Untuk rasa, Los Planes sarat dengan rasa buah yang kuat, meliputi kacang-kacangan, kismis, plum, dan melon. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Blue Mountain (Wallenford Estate, Jamaika)

6. Blue Mountain (Wallenford Estate, Jamaika) - Rp 680.000 per 500 gram

????????????????????????????????????

Kopi ini dinamakan Blue Mountain karena kopi ini tumbuh di daerah Blue Mountains, Jamaika. Kopi yang dibandrol dengan harga US$ 49 per setengah kilogram atau sekitar Rp 680.000 ini memiliki keunikan tersendiri di rasanya yang pahit namun ringan.

Selama satu dekade terakhir, kopi ini merupakan salah satu jenis yang paling digemari dan dicari oleh banyak orang. Sekitar 80 persen produk kopi ini diekspor ke Jepang.

5. Fazenda Santa Ines (Minas Gerais, Brazil) – Rp 694.000 per 500 gram

Produk kopi asal Minas Gerais, Brasil ini menjadi salah satu kopi termahal di dunia karena rasanya yang enak dan manis bagaikan karamel.

Selain itu kopi ini juga sangat spesial karena masih di budidayakan dengan cara tradisional. Kopi ini dibandrol dengan harga US$ 50 atau setara dengan Rp 694.000 per 500 gram.

3 dari 4 halaman

El Injerto (Huehuetenango, Guatemala)

4. El Injerto (Huehuetenango, Guatemala) - Rp 708.000 per 500 gram

4

Kopi ini berasal dari Huehuetenango, Guatemala. Pada tahun 2006, kopi yang diproduksi oleh El Injerto ini mampu membawa pulang piala dari Excellence.

Berkat hal tersebut, harga kopi ini mampu melonjak tajam dengan harga US$ 51 atau setara dengan Rp 708.000 per gram.

3. St. Helena Coffee Company Island (St. Helena) - Rp 1,09 juta per 500 gram

Pulau St. Helena yang terletak sekitar 1.200 kilometer (km) dari pantai Afrika merupakan tempat budidaya kopi St. Helena.

Popularitas kopi ini naik berkat biji kopi ini pertama kali ditemukan oleh Napoleon Bonaparte ketika mengunjungi Pulau St. Helena. Kopi ini dijual dengan harga US$ 79 atau Rp 1,09 juta per 500 gram.

4 dari 4 halaman

Hacienda La Esmeralda (Boquete, Panama)

2. Hacienda La Esmeralda (Boquete, Panama) - Rp 1,4 juta per 500 gram

Kopi ini hanya tumbuh di daerah Boquete, Panama. Orang-orang di seluruh dunia menyukai kopi ini karena rasanya yang unik. Dibudidayakan di bawah nuansa pohon jambu tua membuat kopi ini memiliki rasa dan kualitas yang bagus.

1. Kopi Luwak (Indonesia)- Rp 2,08 juta per 500 gram

kopi luwak asal Indonesia menempatkan posisi pertama dari daftar kopi termahal di dunia. Biji kopi luwak didapatkan dari kotoran hewan luwak yang suka memakan biji kopi.

Dibanderol dengan harga US$ 150 atau Rp 2,08 juta per 500 gram, kopi ini memiliki rasa yang enak, unik dan aroma yang harum. Tidak hanya di Indonesia, di Amerika Serikat juga ada kedai yang menyediakan kopi luwak. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.