Sukses

Sudah Tepatkah Profesi Anda? Cek Pakai 5 Cara Ini

Bagi Anda yang baru lulus kuliah atau baru pertama kali bekerja, mungkin sering berpikir karier seperti apa yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak semua orang beruntung bisa dapat langsung menemukan pekerjaan yang tepat. Sebagian karyawan bahkan mencoba berbagai jenis karier sebelum menemukan di mana kemampuannya bisa dimaksimalkan.

Bagi Anda yang baru lulus kuliah atau baru pertama kali bekerja, mungkin sering berpikir karier seperti apa yang tepat.

Untuk menganalisa kembali jalan seperti apa yang sesuai untuk masa depan Anda, inilah lima hal yang bisa dilakukan seperti dilansir dari Dailyworth, Rabu (13/1/2016):

1. Buat rencana

Beberapa tahun lalu mungkin Anda mengimpikan profesi sebagai seorang dokter. Namun seiring berjalannya waktu, cita-cita seseorang bisa berubah, bukan?

Untuk memeriksa apakah pekerjaan sekarang atau yang akan Anda lamar masih relevan dengan kebutuhan atau keinginan Anda saat ini, cobalah tuliskan rencana-rencana kerja. Misalnya dengan menuliskan hal apa saja yang ingin dicapai satu tahun ke depan.

Jika rencana-rencana tersebut sepertinya tidak bisa diraih dengan jalan karier yang akan dipilih atau sedang dijalani, kemungkinan pekerjaan tersebut memang kurang cocok.

2. Analisa visi misi

Banyak pekerja yang tidak tahu apakah karier yang sedang dijalankan memang sesuai dengan dirinya. Kemungkinan hal tersebut terjadi karena mereka sendiri kurang mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan dari sebuah pekerjaan. Untuk melihat kerja seperti apa yang benar-benar cocok untuk Anda, cobalah lakukan analisa.

Penasehat karier Amber Rosenberg menyarankan agar para karyawan menuliskan hal-hal apa saja menjadi visi misi mereka dalam bekerja. Misalnya, apa yang membuat pekerjaan membahagiakan atau ingin memberi pengaruh apa pada perusahaan.

Jika selama menuliskan hal-hal tersebut Anda merasa pekerjaan saat ini ternyata tak sesuai harapan, mungkin itu waktunya untuk memikirkan pindah kerja. Namun jika pekerjaan saat ini sudah memenuhi kriteria karier impian, tetaplah simpan daftar tersebut agar Anda bisa melakukan cek kembali setelah enam atau 12 bulan kemudian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya?

3. Ketahui potensi diri

Amber mengatakan sebaiknya para karyawan mengetahui lima kemampuan utama yang mereka miliki. Jika Anda bekerja di bidang yang benar-benar cocok seharusnya minimal tiga dari lima keahlian itu rutin digunakan.

Jika pekerjaan Anda sekarang tidak banyak memperdayakan kemampuan-kemampuan tersebut, mungkin Anda bisa mempertimbangkan diri untuk pindah kerja. Kalau tidak mau pindah perusahaan, coba minta kepada atasan apakah Anda bisa bekerja di posisi lain yang bisa lebih mengeksplorasi keahlian.

4. Mengikuti intuisi

Hal yang paling mudah dilakukan untuk mengetahui apakah Anda bekerja di bidang yang tepat adalah dengan memeriksa perasaan diri. Apakah Anda saat ini merasa bahagia dan puas?

Sebagian orang memang tidak bekerja pada bidang yang mereka impikan, namun jalan karier tersebut memberikan kepuasaan lebih dari yang pernah dibayangkan. Jika Anda merupakan salah satunya mungkin resolusi untuk pindah kerja perlu ditunda.

5. Minta Bantuan Teman

Tak sedikit pekerja yang merasa bingung sendiri ketika ditanya mengenai pekerjaan apa yang cocok untuk dirinya. Jika memang begitu, mungkin Anda butuh seorang teman atau orang terdekat untuk membantu memecahkan persoalan.

Mintalah pendapatnya mengenai jenis karier seperti apa yang sesuai dengan kemampuan dan kepribadian Anda. Menurut Amber, hal ini juga bisa dilakukan dengan rekan kerja terdekat enam bulan sekali untuk melihat apakah Anda masih cocok untuk profesi yang sedang dijalankan. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini